Minggu, September 06, 2009

Clean Up The World

Share & Comment

Bali, 4 September 2009 - Ratusan orang berjalan memadati trotoar di sebuah jalan di depan Hotel Risata. Sekumpulan orang tersebut membawa tras bag itu, mengenakan kaos seragam berwarna putih. Sembari bercanda, mereka memunguti sampah di sepanjang jalan yang dilewati.

Pagi itu saya sedang membeli baterai untuk kamera foto. Setelah mengganti baterainya, akupun mencoba mencari obyek. Di seberang jalan saya melihat sekumpulan orang dengan seragam kaos putih berjalan rapi di trotoar. Saya pun memutuskan untuk mengambil beberapa gambar dari orang kerja bakti ini.
Ingin rasanya bertanya pada peserta langsung. Namun karena mereka asik mengobrol satu sama lain sambil terus berjalan, terpaksa saya urungkan niat. Akhirnya saya tanya satpam yang kebetulan sedang jaga pos di Hotel Risata-Bali. "Ada apa ni pak, kok rame banget orangnya?" Tanyaku. "oh itu karyawan hotel sekitar sini sedang kerja bakti" jawab satpam dengan logat Balinya. "emang berapa kali diadakan pak acara ini?" ,,, "Kalo yang rame-rame itu diadakan sethaun sekali,tapi kalo hotel ini setiap minggu juga ada",,,"oooohhh!!!",,,
Saya perhatikan dari kaos peserta gerak jalan tersebut bertuliskan "Clean Up The World" dengan logo bergambar bumi di tengahnya. Tulisan serupa juga terlihat di pintu masuk Hotel. Karena pagi itu saya ada kegiatan, maka saya belum mendapatkan detail kegiatan ini. Yang terlintas hanya tulisan di Kaos dan spanduk itu, tanpa tau apa maksudnya???

Setelah dapat koneksi internet akhirnya saya menemukannya:),,,hehehe. Clean Up The World adalah sebuah kampanye lingkungan dari masyarakat yang mengajak dan memberdayakan komunitas dan setiap orang di penjuru dunia dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman. Didirikan pada tahun 1993 setelah pencetus "Clean Up Australia" - Ian Kiernan mengusulkan ke UNEP (united nations environment Program), untuk menerapkan konsepnya untuk diterapkan skala global. Dengan dukungan dari UNEP akhirnya program ini diluncurkan pada 1993. Clean Up the World diadakan setiap minggu ke 3 pada bulan september setiap tahunya dengan partisipant lebih dari 35 juta orang yang berasal dari 120 negara.
Beberapa contoh kegiatan yang diadakan dalam Clean Up the World adalah sebagai berikut;
- Recycling and resource recovery
- Tree planting
- education campaigns
- Water reuse and conservation
(Lebih jelas dapat dilihat di sini ; http://en.wikipedia.org/wiki/Clean_Up_the_World )

Kalo diingat2 hari itu kan minggu pertama bulan september? Mungkin minggu ketiganya pada mau lebaran kalee ya. wkwkwkwkwkwkwkwkwk. V^-^
Tags:

Komunitas Peduli Ciliwung Bogor berdiri sejak Maret 2009. Komunitas yang menginginkan adanya rasa kepedulian terhadap keberlangsungan sungai Ciliwung di Kota Bogor. 

2 Komentar:

Moes Jum mengatakan...

mirip2 nih dengan kegiatan KPC ...
Kira2 kegiatan KPC bisa dijadiin bagian dari Clean Up the World? kita mulung tiap minggu lho

hari the blacket mengatakan...

kalau clean up the world kan dunia menner KPC jadiin aja Clean Up The City for river ok menner.
ngomong opo yoo aku iki orah mudeng.

 

Artikel Populer

Tjiliwoeng on Facebook

Copyright © KOMUNITAS PEDULI CILIWUNG BOGOR | Designed by Templateism.com | Published by GooyaabiTemplates.com