Jumat, November 13, 2009

Yang lain di Katulampa ...

Share & Comment
Pernah dengar nama Katulampa? Pernah dengar nama Tajur? Rasa-rasanya kedua tempat ini cukup terkenal dan sering disebut2 orang. Keduanya adalah nama tempat di Bogor yang letaknya berdekatan.

Setiap musim hujan tiba, maka Katulampa menjadi sering disebut-sebut. Katulampa adalah nama sebuah kampung di ujung tenggara Kota Bogor. Di kampung ini terdapat sebuah bendungan tua yang dibangun sejak di jaman penjajahan Belanda (1887) dan diresmikan penggunaannya pada tahun 1911. Menurut sejarahnya, bendungan ini dibangun untuk mengatasi limpahan air sungai Ciliwung sehingga tidak membanjiri Jakarta. Kini, bendungan tersebut menjadi barometer (ukuran) bagi penentuan terjadinya banjir dari Ciliwung di wilayah Jakarta.

Tajur, adalah nama sebuah kampung yang letaknya berseberangan dengan kampung Katulampa. Kampung ini menjadi pintu masuk umumnya jika kita ingin ke bendungan Katulampa. Tak ada yang aneh memang. Namun ... tahukah teman2 bahwa lokasi penjualan "Tas Tajur" yang terkenal itu letaknya bukan di Tajur, namun di Katulampa. Kalau tidak salah namanya adalah SKI Tas Tajur. SKI itu sepertinya adalah nama perusahaan pembuat tasnya, yaitu Sumber Karya Indah. Alamatnya di Jl. Raya Katulampa No. 6 – Bogor, Telp. 0251.8353685. Bagi para penggemar wisata belanja, tempat tersebut tidak hanya menyediakan tas berbagai ukuran dan model, namun juga beragam makanan serta arena bermain anak2.

Katulampa dan Tajur memang tempat yang terkenal. Namun, apakah anda pernah tahu apa lagi yang bisa ditemukan di seputaran kedua daerah tersebut? Apakah anda pernah tahu apa yang terjadi pada sungai yang membelah kedua tempat tersebut?

Jika anda belum tahu, anda tak usah ragu ...
Komunitas Peduli Ciliwung dengan bangga siap menemani anda untuk mencari tahu hal2 lain tersebut. Caranya gampang ... datang saja ke tepian Sungai Ciliwung di seputaran tempat tersebut. Jika ingin lebih pasti, silakan langsung menuju tepian sungai di Perumahan Griya Katulampa, Bogor. Letaknya berada diantara lokasi SKI Tas Tajur Katulampa dan Bendungan Katulampa. Apa yang bisa anda lakukan di sana, silakan lihat pengumuman berikut ini ...
Tags:

Komunitas Peduli Ciliwung Bogor berdiri sejak Maret 2009. Komunitas yang menginginkan adanya rasa kepedulian terhadap keberlangsungan sungai Ciliwung di Kota Bogor. 

0 Komentar:

 

Artikel Populer

Tjiliwoeng on Facebook

Copyright © KOMUNITAS PEDULI CILIWUNG BOGOR | Designed by Templateism.com | Published by GooyaabiTemplates.com