Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Wujudkan komitmen untuk membuat Sungai Ciliwung di Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Warga Bogor tidak Buang Sampah lagi ke Sungai CIliwung
Satukan Gerak Langkah Warga - Ciliwung

Lokasi Kegiatan dan Acara:

Lapangan Lebak Kantin

SEMPUR - BOGOR

Minggu 14 Maret 2010
Semangat Pantang KenduRRR
oleh Anak Peri pada 28 Oktober 2009

Biar saja keadaan Ciliwung sekarang ini menjadi musuh bersama, karena mungkin hanya itulah cara untuk menjaga semangat tetap hot dan tindakan tetap seirama untuk memerdekakan diri bersama-sama. Ciliwung bersih akan menjadi budaya. Budaya yang memerdekakan orang beserta keturunannya dari bencana dan nasib buruk lainnya. Mari Merdeka ....

Logo komunitas Peduli Ciliwung
KompetiSi CiliwunG BersiH
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juli - 25 - 2009

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-64, sejumlah warga Bogor yang tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) akan menyelenggarakan kegiatan pembersihan sampah Ciliwung di Kota Bogor. Kegiatan ini berjudul Kompetisi Pemulungan Sampah Ciliwung Antar Kelurahan dengan tema “Ciliwung Bersih, Warga Merdeka”. ...

Ciliwung Bersih Warga Merdeka
Tjiliwoeng ber-Gojang
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juni - 2 - 2009

“Ayoo Mang … jangan malu2. Kang Dadaaang … paling cakep, hayu goyang bareng saya. Jangan lupa mari kita goyang untuk Ciliwung tercinta …”

Orkes Melayu Gerobak Dorong
Impian Anda dan Kami
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 31 - 2009

'Sungai yang indah, berair bening dan sejuk bukanlah hal tidak bisa didapatkan'. Apalagi jika dihias pepohonan rindang dan pokok bambu di tepiannya. Bukankah ini mimpi yang kita dambakan ? ...

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
Selamat Hari Air Sedunia
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 22 - 2009

Sungguh indah bisa meluangkan waktu, walau hanya beberapa saat, mengotori diri kita dari pagi hingga siang. Hanya ini lah yang dapat kami lakukan, melihat yang terjadi dan mencoba turut menganyunkan lengan, membuka jemari kita, dan meraih apa yang telah kita buang tuk tempatkan kembali ke tempatnya dengan baik.

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
AKSI Pertama - Bersih Ciliwung
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 15 - 2009

Pada hari minggu 15 Maret 2009, kita telah turun membersihkan Sungai Ciliwung di beberapa titik. Acara dimulai dari jam 06:30 s/d 13:00 WIB, di sekitar lapangan sempur. Aksi bersih dan mulung sampah Ciliwung ini di dihadiri oleh lebih kurang 80 orang, yang terdiri atas bebrapa kelompok, tersebutlah Komunitas Kampoeng Bogor, Telapak, Gekko, Lawalata, Forest Watch Indonesia dan teman-teman dari TN Gunung Gede Pangrango dan kawan dari Kebun Raya Bogor. Sukes untuk kita semua, ....

Ciliwung Rusak - Hirup Balangsak
TJILIWOENG DREAMS
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Feb - 22 - 2009

wadah bagi upaya Mewujudkan Mimpi-Mimpi Warga tentang Sungai Ciliwung. Mimpi akan sungai yang indah, berair bening dan sejuk. Dihias rindang pepohonan dan pokok bambu di tepiannya. Ditingkah aktivitas warga yang memancing ikan, mandi dan mencuci. Tanpa tumpukan sampah kotor dan limpahan air coklat penyebab banjir di hilirnya

About Tjiliwoeng Dreams
Dari Katulampa hingga Pasar Bogor
Posted by Tjiliwoeng Dreams On March - 3 - 2009

Beberapa waktu lalu saya iseng2 mencoba menyusuri Ciliwung dari Katulampa sampai Pasar Bogor. Sebelumnya saya pernah bermimpi tentang Tjiliwoeng Tempo Doeloe yang asri, indah, airnya bening, banyak anak kecil yang mandi dan bermain di sungai, serta ibu2 yang asik mencuci pakaian di tepiannya. Penyusuran yang saya lakukan kali ini bukanlah mimpi, namun kenyataan sesungguhnya yang saya temukan. Tujuan saya kala itu hanya satu, ingin tahu darimana asal tumpukan sampah di Ciliwung (Kota Bogor) dan apa penyebab sulitnya memancing ikan di sana.

Debit air dari Bendungan Katulampa
Susur Ciliwung ... Asik
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Jan - 28 - 2009

Untuk kesekian kalinya saya bersama segerombolan kecil teman2 (tanpa nama) kembali turun kali Ciliwung. Masih dengan semangat membara menuju Ciliwung baik dan bersih, walau harus dilakukan sendiri. Kami memotret lokasi2 penumpukan sampahdi sepanjang Ciliwung dan sekaligus mencoba memetakannya secara sederhana. Tidak muluk2, hanya di seputar kota Bogor. Dari bendungan Katulampa, hingga ke perbatasan dengan Cilebut.

Ngapain tuh mbuntutin orang ...

kalau kita sedang melihat air apa yang akan kita lakukan?

Pengirim hari the blacket On Rabu, Mei 04, 2011

Ayooo kita tebak-tebakan siapa hobby-nya apa dan siapa sukanya ngapain kalau melihat air?  Jawabanku ada yang suka renang, ada yang suka mancing, ada yang sukanya minum, mungkin juga ada yang suka baca buku tentang air, dan ada yang berwudhu.

Tapi oom, yang ini kan temanya KPC mau menyusuri Tjiliwoeng kok tebak-tebakannya siapa yang hobby-nya apa dan siapa akan melakukan apa sih? Ooh ya coy, aku lupa kalau tanggal 07/05/2011 itu KPC akan susur Tjiliwoeng.  Seharusnya aku tebak-tebakannya dan pertanyaannya apa yang akan dilakukan kalau kita akan mensusuri Tjiliwoeng dan siapa yang perduli terhadap keberadaan Tjiliwoeng.  Mungkin ini kali yaaa coy yang pantas pertanyaannya? Atau ada yang lain pertanyaaannya? Siapa yang bisa nebak ayooo..... acungkan jempolnya ehhhh salah acungkan jarinya? ... heheheh jadi malu aku.

Ngomong-ngomong susur Tjiliwoeng ini, dalam rangka apaan sih Oom? Wah kalau pertanyaannya seperti itu aku jawabnya gimana yaaa? Mungkin kuceritakan sekilas aja kali yaaa Coy biar kita sama-sama gak kebingungan.

Sebenarnya di Mbogor itu ada nama salah satu sungai yaitu sungai Ciliwung, dari beberapa nama-nama sungai yang mengalir ke hilir ibukota Jakarta. Tjiliwoeng sangat erat sejarahnya dengan kerajaan hindu tertua menurut pencatatan sejarah (hindu atau bukan aku juga gak tau kerajan mbogor ini) yang terakhir sebelum berakhirnya kerajaan Blambangan Banyuwangi.  Yang jelas keterkaitan Tjiliwoeng dengan Kerajaan Galuh Pakuan atau yang terkenal dengan sebutan Kerajaan Pajajaran.  Nama rajanya yang cukup kesohor dengan sebutan Sang Baginda Maha Raja ini atau nama sebutan lainnya Prabu Siliwangi.



Waktu itu Mbogor jadi tujuan persinggahan pasukan kolonial Belanda.  Persinggahan perdagangan dan tempat istirahat pasukan kolonial Belanda.  Pasukan kolonial Belanda ke Bogor lewat sungai Tjiliwoeng yang mana pada masa itu bisa dilewati kapal-kapal besar.  Pada masa Kerajaan Prabu Siliwangi, air Tjiliwoeng yang bersih banyak diambil kapal-kapal pedagang dari mana-mana untuk di jadikan air minum awak kapal dan mengisi drum-drum perbekalan kapal.

Apa benar yang kuceritakan tentang Tjiliwoeng dijadikan jalur tranportasi perdagangan? Kalo pengen tau tjerietanya Tjiliwoeng ... ayyyyyyoooooooo kita sama-sama buktikan.  Tjeritakoe ini sumbernya banyak dari tjerieta-tjerieta orang tua doeloe.  Kita kalau pengen tau Tjiliwoeng maka kita harus dekati Tjiliwoeng.  Kita jadikan teman, kita jajaki, kita rawat, kita jaga, dan tentunya kita soesoeri bersama, kita gali ceritanya, kita cari kebenaran ceritanya, kita buktikan dengan mata kepala kita.  Sanggup gak? 

Kalau jawabannya sanggup ... ayoooo kita rame-rame pada tanggal 07/05/2011 hari Sabtu, kita gabung bareng komunitas yang ada di Mbogor namanya KPC (komunitas peduli Ci).  KPC ini sudah menyusuri Tjiliwoeng dari Telaga Warna di hulu Tjiliwoeng.  Dan soesoer lanjutannya, yang di agendakan tiap sebulan sekali.  KPC telah melakukan bermacam kegiatan mulai dari mulung sampah Tjiliwoeng, mulung semai beringin dan nyamplung, nanam hasil pulungan bibit di bantaran Tjiliwoeng, sampai melakukan soesoer Tjiliwoeng yang akan dilanjutkan kali ini.



Kalau mau gabung gimana caranya Oom? SMS aja ke nomor cp-nya Oom Kikuk di 08561235298 atau biasanya kalau setiap mau soesoer Tjiliwoeng, KPC ngumpulnya di depan pintu masuk terminal Damri Baranangsiang jam 06.00-07.00 WIB.

Siapa aja yang boleh ikutan soesoer Oom? Yang jelas yang tertarik dan yang mau perduli akan keberadaan Tjiliwoeng, masak yang sedang sibuk atau yang lagi tidur.

Berita Terkait:




Tags : , , ,
| edit post Print this post Bookmark and Share

0 Response to "kalau kita sedang melihat air apa yang akan kita lakukan?"


    Arsip2 Tjiliwoeng
    Label:
    Recent Posts

    Tjiliwoeng_Dreams

    Komoenitas Pedoeli Tjiliwoeng


    Saoeng Tepijan Soengaij Tjiliwoeng,
    Jalan Sempur Kaler No. 62,

    Kelurahan Sempur, Bogor

    Tel.0856 123 52 98

    +++ e-mail: tjiliwoeng@gmail.com

    +++
    kontak:

    • Sutisna Rey (0857-78431841),
    • M Muslich (0813-82134648),
    • Een Irawan Putra (0813-88014414),
    TopBottom