Sabtu, Oktober 14, 2017

Serunya Bersih Bendung Katulampa dan Ngaliwet Bareng Relawan [14 Oktober 2017]

Share & Comment
Bendung Katulampa dan aksi bersih bersama (foto: Rey Tisna)

Sabtu hadir lagi, Laskar Karung pun beraksi lagi. Di Sabtu ke-2 bulan Oktober tepatnya jatuh pada tanggal 14, kita bergerak menuju Bendung Katulampa di Kelurahan Katulampa yang masih masuk daerah administratif Kota Bogor. Sabtu pagi itu ramai sekali di sekitar pos pantau Ciliwung Bendung Katulampa, relawan-relawan peduli sungai sudah berkumpul di sana, bahkan ada relawan yang jauh-jauh datang Jakarta yaitu kawan-kawan dari Jakarta Osoji Club (JOC). Selain itu sudah bergabung pula relawan-relawan dari Polisi Masyarakat (Polmas), BPDAS Ciliwung Cisadane , BPBD Kota Bogor, dan Tagana Kota Bogor.

Cuaca cukup cerah dan aliran sungai di bendung juga tidak terlalu besar sehingga dasar sungai berupa bebatuan dan juga balok-balok semen pemecah aruspun terlihat jelas dengan segala aneka rupa sampah-sampah bawaan sisa hujan deras beberapa hari sebelumnya, bahkan sampai berstatus siaga tiga. Kondisi memprihatinkan terjadi di Sungai Ciliwung ketika hujan lebat, air deras bahkan banjir, orang-orang yang tidak bertanggung-jawab yang malah membuang banyak sampah ke sungai, terutama sampah-sampah besar seperti kasur, karpet, sofa butut, dan sebagainya. Tidak heran jika setelah banjir sampah-sampah membludak di wilayah-wiliayah yang lebih hilir. Pagi itu, kembali lagi kita dihadapkan pada pilihan sulit tentang bagaimana membebaskan sampah di Ciliwung, hingga akhirnya kita memutuskan untuk membakarnya.

Sekitar tiga jam kita turun di sungai bahu-membahu membebaskan sampah dari Sungai Ciliwung hingga akhirnya semakin siang kita sudahi kegiatan kita.  Senang sekali ternyata Pak Andi selaku ketua bendungan Katulampa dan kawan-kawan telah menyiapkan nasi liwet untuk kita semua. Kita pun naik kembali berkumpul di pos pantau, berbincang-bincang dan ditutup dengan makan nasi liwet bersama.

ngaliwet bersama di pos pantau Katulampa (foto: Rey Tisna)


flyer design: Viedela AK



Mengurus sungai memang harus bersama-sama, siapapun kita baik masyarakat dan pemerintah harus bergandeng tangan mengurusi masalah ini. Laskar Karung dan relawan-relawan peduli sungai lainnya dengan konsisten akan terus menyuarakan ajakan untuk peduli sungai dan menunjukkan bahwa masih banyak orang-orang yang peduli sungai. [Nonet]
Tags: ,

Komunitas Peduli Ciliwung Bogor berdiri sejak Maret 2009. Komunitas yang menginginkan adanya rasa kepedulian terhadap keberlangsungan sungai Ciliwung di Kota Bogor. 

0 Komentar:

 

Artikel Populer

Tjiliwoeng on Facebook

Copyright © KOMUNITAS PEDULI CILIWUNG BOGOR | Designed by Templateism.com | Published by GooyaabiTemplates.com