Obrolan Tukang Jala Ikan dengan Tukang Pulung Sampah Tjiliwoeng

Sebuah aksi nyata yang di lakukan oleh komunitas peduli tjiliwoeng di daerah tjileboet. Ada sebuah fenomena yang menarik perhatian para pemulung sampah tjiliwoeng. ... sebuah rakit. yan tamppak pada tanggal 12-07-2009 di das tjiliwoeng di daerah tjileboet di daerah perumahan boemi pertiwi.

Sebuah rakit ini mengingatkan akan tjiliwoeng tempo doeloe, dalam hati aku berkata wih ini rakit siapa ya ? Sembari ku tengok kanan kirikoe gak ada orang selain teman-teman koe mulung. Lalu koe tengok kea rah belakangkoe ternya ada tukang jala , dengan iseng aku samperi tukang jala dan aku ajak kenalan.

Pagi pak kenalkan namaku menner the kikoek.
Oh ya mas nama saya rusdi,
Lagi jala ikan ya pak udah ikan lum pak?
Baru dapat empat mas.
Ikan apa aja pak tanyakoe?
Ikan senggal, baung gehek, ampal mas, tutur pak rusdi.

Oh ya pak? Bapak udah berapa lama jala di tjiliwoeng Tanya koe?
Udah lama, kata Pak Rusdi yang mulai bercerita tentang tjiliwoeng jaman dulu dan tjiliwoeng sekarang.

"Berbeda sekali tjiliwoeng dahoeloe jernih bersih, ikan nya pun bisa keliatan karna jernihnya tjiliwoeng, tapi sekarang tjiliwoeng udah kotor dan jorok mas di sepanjang sungai yang pernah ku jala buanyak sekali tumpukan sampah nya.

Oh berarti di tjiliwoeng buanyak sampah nya dong pak, jawabkoe sesekali pak rusdi tersenyum.

Oh ya pak kalau setiap kali bapak menjala ikan jenis apa saja yang tertangkap oleh jala pak rusdi , tanyaku .
Kalau ikan sih biasanya saya dapat lele, mujair, senggal, baung , ikan mas , ikan gehek , ampal , sapu-sapu, pattin dan kadang bapak juga dapat ikan gurame mas tutur pak rusdi.

Dari sekian banyak ikan apa aja yang asli ikan tjiliwoeng pak?
Kalau yang asli ikan tjiliwoeng sih ikan senggal, baung, ampal dan gehek. Kalau ikan senggal mas seperti ikan pattin mas, ikan baung kayak ikan sembilang, ikan gehek kayak ikan tawes tapi yang gede mas dan kalau ikan ampal seperti ikan belanak yang di laut cuman bedanya ikan ampal ekornya agak merah.

Kira – kira dari ikan itu ikan mana yang paling cepat gede pak tanyakoe?
Ikan baung mas karna ikan itoe ikan yang paling cepat gede diantara ikan yang lain tapi kalau ikan ampal sih juga cepat gedenya karna ikan ampal kan makan ikan yang lebih kecil dari nya.

Makasih ya pak atas waktu nya!
Sama-sama mas, mas ini dari mana ya tutur Pak Rusdi.
Saya dari komunitas peduli tjiliwoeng pak.
Terus ngapain di tjiliwoeng?
Aku dan teman-teman bermimpi akan tjiliwoeng tempoe doeloe yang kata bapak airnya jernih dan dapat langsung di minum tanpa di masak.
Tapi kok bawa-bawa sepanduk mas dan tulisan nya tjiliwoeng ruksak hirup balangsak.
Iya pak kita itu mulung sampah di tjiliwoeng dan spanduk itu sebenarnya untuk menyindir masyarakat bantaran tjiliwoeng supaya mereka lebih perduli sama tjiliwoeng pak, keterangan koe pada pak rusdi.
Atau barang kali pak rusdi mo ikoetan mulung dengan koe?
Waduh mas, sebenarnya aku juga perduli sih pada tjiliwoeng tiap jalaku dapat sampah, sampahnya selalu ku buang di atas bantaran tjiliwoeng. Karna kalau ku buang lagi ke sungai sama saja atuh mas kenak jala lagi kenak jala lagi tutur pak rusdi.
Ya udah pak aku mulung lagi tapi bapak kalau dapat sampah jangan di buang keair ya pak sip mas oh ya pak yang punya getek itoe siapa saya mas karna getek itoe sebagai kendaraan koe jala oh gitu pak.
Asyik dong pak jawabkoe, ya masak menjala naik angkot mas ya gak dapat ikan atuh mas. Kalau bapak bilang gitu jadi ingat aku pak pada sebuah lagu mbak tjiliwoeng yang lagunya naik getek kemana- mana naik getek kemana- mana yang kayak lagunya mbak surip itoe loh pak terang koe, ih si emas bisa wae tapi emang bener etak mas lagu mbak surip ta ker laku-laku nya dan ker populer di kalangan masyarakat luas.


By Menneran the Kikoek is the Koek
Previous
Next Post »