Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Wujudkan komitmen untuk membuat Sungai Ciliwung di Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Warga Bogor tidak Buang Sampah lagi ke Sungai CIliwung
Satukan Gerak Langkah Warga - Ciliwung

Lokasi Kegiatan dan Acara:

Lapangan Lebak Kantin

SEMPUR - BOGOR

Minggu 14 Maret 2010
Semangat Pantang KenduRRR
oleh Anak Peri pada 28 Oktober 2009

Biar saja keadaan Ciliwung sekarang ini menjadi musuh bersama, karena mungkin hanya itulah cara untuk menjaga semangat tetap hot dan tindakan tetap seirama untuk memerdekakan diri bersama-sama. Ciliwung bersih akan menjadi budaya. Budaya yang memerdekakan orang beserta keturunannya dari bencana dan nasib buruk lainnya. Mari Merdeka ....

Logo komunitas Peduli Ciliwung
KompetiSi CiliwunG BersiH
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juli - 25 - 2009

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-64, sejumlah warga Bogor yang tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) akan menyelenggarakan kegiatan pembersihan sampah Ciliwung di Kota Bogor. Kegiatan ini berjudul Kompetisi Pemulungan Sampah Ciliwung Antar Kelurahan dengan tema “Ciliwung Bersih, Warga Merdeka”. ...

Ciliwung Bersih Warga Merdeka
Tjiliwoeng ber-Gojang
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juni - 2 - 2009

“Ayoo Mang … jangan malu2. Kang Dadaaang … paling cakep, hayu goyang bareng saya. Jangan lupa mari kita goyang untuk Ciliwung tercinta …”

Orkes Melayu Gerobak Dorong
Impian Anda dan Kami
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 31 - 2009

'Sungai yang indah, berair bening dan sejuk bukanlah hal tidak bisa didapatkan'. Apalagi jika dihias pepohonan rindang dan pokok bambu di tepiannya. Bukankah ini mimpi yang kita dambakan ? ...

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
Selamat Hari Air Sedunia
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 22 - 2009

Sungguh indah bisa meluangkan waktu, walau hanya beberapa saat, mengotori diri kita dari pagi hingga siang. Hanya ini lah yang dapat kami lakukan, melihat yang terjadi dan mencoba turut menganyunkan lengan, membuka jemari kita, dan meraih apa yang telah kita buang tuk tempatkan kembali ke tempatnya dengan baik.

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
AKSI Pertama - Bersih Ciliwung
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 15 - 2009

Pada hari minggu 15 Maret 2009, kita telah turun membersihkan Sungai Ciliwung di beberapa titik. Acara dimulai dari jam 06:30 s/d 13:00 WIB, di sekitar lapangan sempur. Aksi bersih dan mulung sampah Ciliwung ini di dihadiri oleh lebih kurang 80 orang, yang terdiri atas bebrapa kelompok, tersebutlah Komunitas Kampoeng Bogor, Telapak, Gekko, Lawalata, Forest Watch Indonesia dan teman-teman dari TN Gunung Gede Pangrango dan kawan dari Kebun Raya Bogor. Sukes untuk kita semua, ....

Ciliwung Rusak - Hirup Balangsak
TJILIWOENG DREAMS
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Feb - 22 - 2009

wadah bagi upaya Mewujudkan Mimpi-Mimpi Warga tentang Sungai Ciliwung. Mimpi akan sungai yang indah, berair bening dan sejuk. Dihias rindang pepohonan dan pokok bambu di tepiannya. Ditingkah aktivitas warga yang memancing ikan, mandi dan mencuci. Tanpa tumpukan sampah kotor dan limpahan air coklat penyebab banjir di hilirnya

About Tjiliwoeng Dreams
Dari Katulampa hingga Pasar Bogor
Posted by Tjiliwoeng Dreams On March - 3 - 2009

Beberapa waktu lalu saya iseng2 mencoba menyusuri Ciliwung dari Katulampa sampai Pasar Bogor. Sebelumnya saya pernah bermimpi tentang Tjiliwoeng Tempo Doeloe yang asri, indah, airnya bening, banyak anak kecil yang mandi dan bermain di sungai, serta ibu2 yang asik mencuci pakaian di tepiannya. Penyusuran yang saya lakukan kali ini bukanlah mimpi, namun kenyataan sesungguhnya yang saya temukan. Tujuan saya kala itu hanya satu, ingin tahu darimana asal tumpukan sampah di Ciliwung (Kota Bogor) dan apa penyebab sulitnya memancing ikan di sana.

Debit air dari Bendungan Katulampa
Susur Ciliwung ... Asik
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Jan - 28 - 2009

Untuk kesekian kalinya saya bersama segerombolan kecil teman2 (tanpa nama) kembali turun kali Ciliwung. Masih dengan semangat membara menuju Ciliwung baik dan bersih, walau harus dilakukan sendiri. Kami memotret lokasi2 penumpukan sampahdi sepanjang Ciliwung dan sekaligus mencoba memetakannya secara sederhana. Tidak muluk2, hanya di seputar kota Bogor. Dari bendungan Katulampa, hingga ke perbatasan dengan Cilebut.

Ngapain tuh mbuntutin orang ...

Menjelang Mulung

Pengirim Tjiliwoeng Dreams On Sabtu, Mei 23, 2009
Tulisan bersambung "Aksi Mulung ke-sebelas" - 1

Menjelang aksi mulung yang ke sebelas, diriku terkejut dengan adanya SMS dari seseorang yang mana tepat jam 21:09 malam. Hape kue berbunyi tingtong bertanda suara dering sms dari hape kue , berlahan ku ambil hape kue dari kamar tidurku , ku buka hape dengan seksama ku baca pelan pelan. Lirik dalam hapekue teryata ada seseorang yang bernama dita serasa berkenalan, memperkenalkan nama nya. “Malam Mas Hari bunyi (smskue) saya Dita mas , besok saya mo numpang ikutan bersihin kali ciliwoeng yang di kedoeng badak boleh ya? Dalam hati pastinya boleh lah (lawong kali tjiliwoeng itu bukan milik kue dalam hati), kali tjiliwoeng kan milik orang bayak kok serasa aku tersenyum sendiri , walau pun orng dari Negara mana pun tentunya boleh ikutan dalam pikirkue, kalau memang orang tersebut memang perduli hi hi hi …..!

Tanpa ku sadari waktu telah berlalu dan sang malam pun mulai menampakan keheningan dan ke gelapan nya serasa mulai larut dan menyambut pergantian tanggal dalam kalender yang mana tangal yang aku lihat di kalender menujukan angka tanggal 23. Dan sang malam pun mulai mengeser angka kalender yang tadinya tanggal 23 menjadi tanggal 24 pertanda sang malam pun mau menyambut datangnya sang pagi. Terasa sudah diriku bergadang sampai pagi maklum malam minggu diriku dapat giliran ronda di kampoeng kue. Tak terasa sang pagi pun menampakan dirinya seolah tak berdosa pada sang malam, menandakan sang siang akan menjemput nya sembari sang waktu pun mendakan perubahan nya. Tak terasa sang pagi seolah membangunkan diriku yang masih terlelap dalam tidurku, ku kuk ruyuk sesekali ayam jago ber kokok pertanda siang menjemput. Tak terasa alaramkue sudah berkali-kali bordering membangunkan dirikue dengan nada yang berkokok ku ku ruyuk kiyuk kyu ……..! seperti ayam jago aja nada deringkue he he he.

HHHHHmmmmm hem tak terasa hari mulai siang menandakan munculnya sang surya. Aku pun bergegas seolah tak ada aktivitas yang akan ku kerjakan sesekali diri kue mengingat apa yang sebenarnya akan kue lakuekan hari minggu ini. Sesekali ku tengok hape kue dan ternyata dirikue tak sadar bahwasan nya dirikue hari minggu tanggal 24/05/2009 ada kegiatan mulung sampah di tjiliwoeng.

Dan dirikue pun bergegas sembari menyiapkan alat-alat logistik yang telah kue bawa dari sekertariat saung tepian tjiliwoeng ke rumahku. Tak terasa waktu sudah menunjukan persis jam 7 pagie dirikue dengan santainya menghidupkan anak Honda menuju ke lokasi pemulungan di Perum. kedung badak. Sesampainya dirikue di lokasi yang telah di sepakati teman-teman kue untuk kumpul aku raba kantongkue yang berisi hapeku ternyata ada satu pesan singkat yang di kirim Pak Korlap yaitu saudarakue Rubby , yang berbunyi “Mas aku udah nyampai di depan pintu masuk perumahan kedung badak”. Lalu kue tenggok kanan kiriekue mana katanya ada di sini ( kedung badak ) eh ternyata benar om gokong udah nyampai lokasi dengan kawan nya. Lalu dirikue panggil om gokong ( rubby ) om sini om kita kumpulnya di pingir jalan aja om kata kue ? Ok bos jawabnya sebentar ya aku ke kawankue dulu ya nanti aku kesini lagi tutur om gokong.

Berita Terkait:




Tags :
| edit post Print this post Bookmark and Share

3 Response to "Menjelang Mulung"

  1. Moes Jum Said,

    hehehe ... hebat, ada istilah baru atau trend gaul baru nih ... "aku = gua = guwe = gue = kue"

     

  2. Ruby Said,

    ko jadinya kue???? hehehehe

    Hari aku kan Biksu Tong...Sun "Bo Kong" itu kan annas. gimana sih Hari!!!!....hehehe

     

  3. Anonim Said,

    siory pak karna kalau yang bawa tongkat sakti setau ku si kera yaitu gokong dan kalau yang bawa tongkat ada mahkotanya adalah biksu tong san cong alias cong kacong tak iyeh pak alias joko tole tel ontelan he he he he
    kue maksudnya kemaren kita kedatangan tamu bule kuwetole ka kak kak hwa kak

     

    Entri Populer

    Komoenitas Pedoeli Tjiliwoeng


    Saoeng Tepijan Soengaij Tjiliwoeng,
    Jalan Sempur Kaler No. 62,

    Kelurahan Sempur, Bogor

    Tel.0856 123 52 98

    +++ e-mail: tjiliwoeng@gmail.com

    +++
    kontak:

    • Sutisna Rey (0857-78431841),
    • M Muslich (0813-82134648),
    • Een Irawan Putra (0813-88014414),
    TopBottom