Kompetisi Bersih Ciliwung





Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-64, sejumlah warga Bogor yang tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) akan menyelenggarakan kegiatan pembersihan sampah Ciliwung di Kota Bogor. Kegiatan ini berjudul Kompetisi Pemulungan Sampah Ciliwung Antar Kelurahan dengan tema “Ciliwung Bersih, Warga Merdeka”. Diharapkan kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan di Kota Bogor. Penyelenggaraannya dilakukan sebagai bagian dari upaya penggalangan kesadaran publik Kota Bogor untuk memperbaiki kondisi lingkungan Sungai Ciliwung.

" Ciliwung Bersih, Warga Merdeka "

Tujuan kegiatan:
1. Berpartisipasi aktif dalam peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-64.
2. Menggalang kesadaran warga dalam perbaikan kondisi lingkungan pada sungai bersejarah di Kota Bogor (Sungai Ciliwung).
3. Menginisiasi sebuah aksi tahunan warga Bogor dalam menjaga kebersihan dan keindahan Sungai Ciliwung.

Hasil yang diharapkan:
1. Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di sepanjang aliran Sungai Ciliwung di Kota Bogor.
2. Terselenggaranya kegiatan tahunan pembersihan lingkungan Sungai Ciliwung di Kota Bogor.
3. Adanya peliputan media massa lokal dan nasional pada kegiatan pemulungan sampah Sungai Ciliwung oleh warga Kota Bogor.
4. Adanya keterlibatan warga masyarakat di sepanjang aliran Sungai Ciliwung (Bogor) dalam bentuk dukungan tenaga dan finansial terhadap setiap upaya perbaikan lingkungan di Sungai Ciliwung.
5. Pada hari H kompetisi, seluruh warga di kelurahan di sepanjang sungai ciliwung turun ke sungai ciliwung dan bisa memperhatikan kondisi ciliwung saat ini. Tidak kurang dari 500 orang yang akan melihat kondisi ciliwung dalam waktu yang bersamaan dan melakukan aksi bersih ciliwung.

Bentuk kegiatan:
1. Kompetisi aksi pemulungan sampah antar kelurahan di sepanjang aliran Sungai Ciliwung di Kota Bogor.

  • Lokasi kompetisi berada di masing-masing wilayah administratif kelurahan yang dilalui oleh aliran Sungai Ciliwung. Lokasi tersebut akan ditentukan oleh Komunitas Peduli Ciliwung berdasarkan hasil pengamatan lapangan mengenai konsentrasi tumpukan sampah. Kelurahan-kelurahan yang akan menjadi peserta kompetisi adalah: (1) Kelurahan Katulampa, (2) Kelurahan Sukasari (Sukamulya), (3) Kelurahan Lebak Pasar (Pulo Geulis), (4) Kelurahan Baranangsiang (Jalan Riau), (5) Kelurahan Sempur (Lebak Kantin - Kampung Rambutan), (6) Kelurahan Bantarjati (Pasar Warung Jambu), (7) Kelurahan Kedung Badak (Perumahan Kedung Badak Baru), (8) Kelurahan Sukaresmi, dan (9) Kelurahan Kedung Halang (Pangkalan II).

  • Waktu penyelenggaraan (Hari H): Minggu, tanggal 16 Agustus 2009, kompetisi dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 11.00 BBWI.

  • Peserta lomba adalah warga masyarakat di kesembilan kelurahan sepanjang aliran Sungai Ciliwung di Bogor. Setiap kelurahan mengutus (minimal 45 orang warganya) untuk mengikuti kompetisi. Setiap peserta diwajibkan memakai atribut kompetisi yang akan disediakan oleh Komunitas Peduli Ciliwung.

  • Peserta lomba dari setiap keluaharan wajib mengajak keterwakilan dari setiap RT yang ada di kelurahan tersebut.

  • Penilaian pemenang dilakukan di setiap lokasi oleh Komunitas Peduli Ciliwung dan Dinas Cipta Karya dan Lingkungan Hidup Kota Bogor pada tanggal 16 Agustus 2009. Persyaratan penilaian:

    • Jumlah karung sampah berukuran 25 kg yang dikumpulkan

    • Keterwakilan warga di setiap kelurahan

    • Dukungan dari warga masyarakat di setiap kelurahan (moril dan materiil)

    • Pemenang lomba adalah peserta lomba yang berhasil mengumpulkan point terbanyak dari tim penilai

  • Pengumuman pemenang kompetisi dilakukan di Balai Kota Bogor, pada saat Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-64 tanggal 17 Agustus 2009.

  • Kompetisi ini memperebutkan “Piala Bergilir Ciliwung Bersih” dari Walikota Bogor dan sejumlah hadiah dari Komunitas Peduli Ciliwung. Hadiah yang disediakan adalah:

    • Juara I : uang kebersihan lingkungan dan sungai sebesar Rp 5.000.000

    • Juara II: uang kebersihan lingkungan dan sungai sebesar Rp 3.500.000

    • Juara III: uang kebersihan lingkungan dan sungai sebesar Rp 2.000.000

  • Sampah yang dikumpulkan selanjutnya dibuang di TPA Galuga dengan bantuan kendaraan operasional dari Dinas Cipta Karya dan Lingkungan Pemerintah Kota Bogor.


2. Peliputan kegiatan oleh media massa lokal dan nasional:
  • Komunitas Peduli Ciliwung akan menjalin komunikasi dengan wartawan dan/atau dewan redaksi media massa untuk peliputan. Kegiatan persiapan ini dilakukan (maksimum) 2 minggu menjelang penyelenggaraan kompetisi.
  • Peliputan dilakukan saat pelaksanaan kompetisi (16 Agustus 2009) dan pengumuman pemenang (17 Agustus 2009).
  • Pemberitaan melalui press release dan blog www.tjiliwoeng.co.cc
  • Pendokumentasian foto dan video oleh Komunitas Peduli Ciliwung.


Contact Person:
Een Irawan Putra
Mobile 08159753580
Email: irawanputra@gmail.com

Melly Nurmawati
Mobile 081574697006
Email: mnurmawati@gmail.com
Previous
Next Post »