Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Wujudkan komitmen untuk membuat Sungai Ciliwung di Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Warga Bogor tidak Buang Sampah lagi ke Sungai CIliwung
Satukan Gerak Langkah Warga - Ciliwung

Lokasi Kegiatan dan Acara:

Lapangan Lebak Kantin

SEMPUR - BOGOR

Minggu 14 Maret 2010
Semangat Pantang KenduRRR
oleh Anak Peri pada 28 Oktober 2009

Biar saja keadaan Ciliwung sekarang ini menjadi musuh bersama, karena mungkin hanya itulah cara untuk menjaga semangat tetap hot dan tindakan tetap seirama untuk memerdekakan diri bersama-sama. Ciliwung bersih akan menjadi budaya. Budaya yang memerdekakan orang beserta keturunannya dari bencana dan nasib buruk lainnya. Mari Merdeka ....

Logo komunitas Peduli Ciliwung
KompetiSi CiliwunG BersiH
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juli - 25 - 2009

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-64, sejumlah warga Bogor yang tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) akan menyelenggarakan kegiatan pembersihan sampah Ciliwung di Kota Bogor. Kegiatan ini berjudul Kompetisi Pemulungan Sampah Ciliwung Antar Kelurahan dengan tema “Ciliwung Bersih, Warga Merdeka”. ...

Ciliwung Bersih Warga Merdeka
Tjiliwoeng ber-Gojang
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juni - 2 - 2009

“Ayoo Mang … jangan malu2. Kang Dadaaang … paling cakep, hayu goyang bareng saya. Jangan lupa mari kita goyang untuk Ciliwung tercinta …”

Orkes Melayu Gerobak Dorong
Impian Anda dan Kami
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 31 - 2009

'Sungai yang indah, berair bening dan sejuk bukanlah hal tidak bisa didapatkan'. Apalagi jika dihias pepohonan rindang dan pokok bambu di tepiannya. Bukankah ini mimpi yang kita dambakan ? ...

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
Selamat Hari Air Sedunia
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 22 - 2009

Sungguh indah bisa meluangkan waktu, walau hanya beberapa saat, mengotori diri kita dari pagi hingga siang. Hanya ini lah yang dapat kami lakukan, melihat yang terjadi dan mencoba turut menganyunkan lengan, membuka jemari kita, dan meraih apa yang telah kita buang tuk tempatkan kembali ke tempatnya dengan baik.

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
AKSI Pertama - Bersih Ciliwung
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 15 - 2009

Pada hari minggu 15 Maret 2009, kita telah turun membersihkan Sungai Ciliwung di beberapa titik. Acara dimulai dari jam 06:30 s/d 13:00 WIB, di sekitar lapangan sempur. Aksi bersih dan mulung sampah Ciliwung ini di dihadiri oleh lebih kurang 80 orang, yang terdiri atas bebrapa kelompok, tersebutlah Komunitas Kampoeng Bogor, Telapak, Gekko, Lawalata, Forest Watch Indonesia dan teman-teman dari TN Gunung Gede Pangrango dan kawan dari Kebun Raya Bogor. Sukes untuk kita semua, ....

Ciliwung Rusak - Hirup Balangsak
TJILIWOENG DREAMS
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Feb - 22 - 2009

wadah bagi upaya Mewujudkan Mimpi-Mimpi Warga tentang Sungai Ciliwung. Mimpi akan sungai yang indah, berair bening dan sejuk. Dihias rindang pepohonan dan pokok bambu di tepiannya. Ditingkah aktivitas warga yang memancing ikan, mandi dan mencuci. Tanpa tumpukan sampah kotor dan limpahan air coklat penyebab banjir di hilirnya

About Tjiliwoeng Dreams
Dari Katulampa hingga Pasar Bogor
Posted by Tjiliwoeng Dreams On March - 3 - 2009

Beberapa waktu lalu saya iseng2 mencoba menyusuri Ciliwung dari Katulampa sampai Pasar Bogor. Sebelumnya saya pernah bermimpi tentang Tjiliwoeng Tempo Doeloe yang asri, indah, airnya bening, banyak anak kecil yang mandi dan bermain di sungai, serta ibu2 yang asik mencuci pakaian di tepiannya. Penyusuran yang saya lakukan kali ini bukanlah mimpi, namun kenyataan sesungguhnya yang saya temukan. Tujuan saya kala itu hanya satu, ingin tahu darimana asal tumpukan sampah di Ciliwung (Kota Bogor) dan apa penyebab sulitnya memancing ikan di sana.

Debit air dari Bendungan Katulampa
Susur Ciliwung ... Asik
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Jan - 28 - 2009

Untuk kesekian kalinya saya bersama segerombolan kecil teman2 (tanpa nama) kembali turun kali Ciliwung. Masih dengan semangat membara menuju Ciliwung baik dan bersih, walau harus dilakukan sendiri. Kami memotret lokasi2 penumpukan sampahdi sepanjang Ciliwung dan sekaligus mencoba memetakannya secara sederhana. Tidak muluk2, hanya di seputar kota Bogor. Dari bendungan Katulampa, hingga ke perbatasan dengan Cilebut.

Ngapain tuh mbuntutin orang ...

Beraninya cuman buang Sampah...

Pengirim Ejhonski On Rabu, Juli 22, 2009
En'du...kalo mau makan mbo nyuci tangan ya, dan klo udah selesai makan, piringnya di bersihin dan jangan lupa sampahnya di buang di tempat sampah ya. Klo ngga..!! nanti di uber-uber kucing, khan emak juga yang susah bersihinnya. Dan klo mandi jangan banyak pake air ya?..nanti bapamu marah-marah, sebab aer susah sekarang, sumur yang digali aja kemaren, bukan aer yang keluar tapi lumpur koyo lapindo, kental, bau dan berlendir kaya ingus mu itu lho....

Di suruh bersih aja kok susah amat, apalagi klo disuruh "ngamal". Memang klo udah menjadi kebiasaan, susah ilangnya. Ibarat kata pepatah " ala bisa karena biasa". Karena kebiasaan jadi ngga bisa ilangin, koyo ngudut,..susah ilangnya. Mending ngga makan asal bisa "ngudut", pokoke mangan ora mangan yang penting ngepul.



Banyak sudah peraturan atawa larangan yang dipasang di jalan-jalan, bunyi juga macam-macam ada yang ngelarang di hukum sa taon, ada yang di tangkep dan ada yang langsung di uber-uber pake sa hansip ato Satpol PP. Tapi ngga ada yang jera juga, tetap aja ngga mau idup bersih...

Sukanya idup sa berantakan, ambruradul, nyeleneh supaya dianggap hebat. Kalo dipikir-pikir, truk sampah yang dibawa mondar mandir tiap hari oleh dinas kebersihan itu untuk buang sampah dan klo di kumpulin sampahnya bisa mbuat satu pulau yang sama besarnya dengan pulau jowo ini. Coba pikir, tiap orang klo setiap hari dia makan es puter satu, permen satu, kue pais satu, plus 1 botol aer aqua, dan sebelum balik kerumah mampir ke supermarket mbeli susu, odol, dan beli MCd yang pake bungkus plastik rangkap tiga, karena mbawanya jauh, supaya ngga pecah dijalan. Dan kalo ini kita kalikan dengan penduduk indonesia, menurut DPT Pilpres yang baru aja berlangsung sekitar 250 juta orang, udah berapa ton itu sampah yang dihasilkan, itu baru satu hari dan klo kita kalikan selama 365 hari (taon), itung aja sendiri...??.

Orang-orang indonesia itu, sukanya belanja yang ngga penting. Ada duwit langsung beli barang, bukan kaya orang bule sono. Di tabung dan idup direncanakan, wong kita ini kalo udah gajian, supermarket, mall dan pusat perbelanjaan penuh. Ada yang cuman nongkrong tapi lebih banyak yang petang-peteteng ama tas kresek penuh ama belanjaan...kemana tuh bungkusnya?? ya ..dibuang jadi sampah, jadi tak iye...

Mungkin pola hidup orang indonesia ini sudah masuk paham neolib, yaitu yang suka belanja-belanja ke pasar, dan suka hambur-hamburkan duwit, dan beraninya hanya buang sampah aja. Contohnya banyak sekali, coba kita liat dijalan-jalan, di stasiun, terminal sampah berserakan dimana-mana, tapi ngga ada yang berani ngambilin...

Njadi kita ini maunya idup bukan hanya berani berbuat tapi juga berani bertanggungjawab, salah satunya adalah "berani membuang sampah tapi berani juga mengambil sampah". Yo to...

gambar diunduh dari aslinya di sini

Berita Terkait:




Tags :
| edit post Print this post Bookmark and Share

2 Response to "Beraninya cuman buang Sampah..."

  1. Moes Jum Said,

    Wakakakakaaakkk ... saya berani ngambil juga lho Oom. Tapi kayanya banyak temen2 kita yang beraninya cuman buang doang. Padahal suka pada ngaku aktivis lingkungan ... jadi sedih deh

     

  2. atmowidjojo Said,

    Ada juga lho Oom yang beraninya cuman "janji" doang. Janji tidak buang sampah sembarangan. Atau janji mau ikutan mulung ... ujung2nya gak pernah nongol hehehe

     

    Entri Populer

    Komoenitas Pedoeli Tjiliwoeng


    Saoeng Tepijan Soengaij Tjiliwoeng,
    Jalan Sempur Kaler No. 62,

    Kelurahan Sempur, Bogor

    Tel.0856 123 52 98

    +++ e-mail: tjiliwoeng@gmail.com

    +++
    kontak:

    • Sutisna Rey (0857-78431841),
    • M Muslich (0813-82134648),
    • Een Irawan Putra (0813-88014414),
    TopBottom