Starter Kompos Dan Baehaqie

ditoelis oleh Itok, si turis Jepang
Jadwal mulung diubah jadi Sabtu. Powas (baca: puas) kata Hari mengungkapkan perasaannya saat banyak anggota Laskar Karung bertanya kenapa jadwal diubah. Kita ingin memfasilitasi teman2 semua atas kebutuhannya untuk menjadikan Hari Minggu sebagai hari keluarga. Atau agar teman2 kristiani bisa tidak terganggu dengan jadwal ibadahnya. Walau ada juga teman muslim yg biasa melakukan pengajian di Minggu pagi. Ndak ada cerita. Sabtu terdengar hari yg baik untuk bisa ikutan mulung.

Menjadi penting kenapa kita perlu dukungan dan kehadiran teman2 anggota Laskar Karung. Dalam salah satu diskusi nongkrong saat nunggu truk sampah dari Pemda menjemput karung2 hasil mulung, terungkap soal fungsi ‘starter’. Topiknya seputaran Box Takakura pembuat kompos dari sampah organik berupa sisa sayuran yg dibuang oleh setiap rumah tangga setiap harinya. Starter yg biasa diberi merk dagang IM4 bisa didapat dengan mudah di Toko TRUBUS. 20 rb sebotolnya. Bisa juga dibuat sendiri. Campuran serbuk gergaji dengan potongan sampah sayuran, ditambah air gula jika perlu, kata Mas Joem bersemangat. Starter berfungsi mempercepat proses pembusukan sampah organik. Sehingga segera bisa dihasilkan kompos yg kemudian bisa berguna untuk pupuk dan media tanaman.

Itulah bayangan ku tentang starter dan Laskar Karung. Bahwa kita-kita ini, anggota Laskar Karung perlu hadir setiap Sabtu nya pada acara mulung, karena diharapkan menjadi starter buat dunia. Mereka penduduk sekitaran bantaran sungai yg dengan nyantai membuang sampah ke sungai, penduduk kota Bogor yg masing2 kita punya kontribusi langsung atau tidak terhadap Ciliwung, para pejabat pemerintah yg punya otoritas dan amanat rakyat dalam pengelolaan sungai, mereka para pebisnis yg mungkin menggunakan sungai juga sebagai tempat buangan sampah limbahnya (aih teganya!). Kita tidak membuat mereka menjadi cepat busuk, tapi kita menjadi pegiat agar mereka bergerak ke arah hidup yg lebih baik, seimbang dengan alam.

Dan hari ini kita berduka karena salah satu starter itu telah sepenuhnya memfungsikan dirinya menjadi organik. Tapi aku yakin dia telah melahirkan starter-starter baru lainnya. Tinggal kita mengaduknya sehingga menjadikan proses ini berjalan lebih baik. Selamat jalan Bae...
Previous
Next Post »