Beda Kali, Masalah Sama

Minggu, 28 Maret 2010
SMS kali ini tertulis berbeda dari sms yang biasa diterima tiap jum'at sore. isinya berbunyi: "Mohon Konfirmasi untuk keterlibatan anggota KPC dalam mulung bersama Rimpala di Cangkurawok"

Deket dari rumah tuh,
Walaupun mata mengantuk dan agak letih dari aktifitas siang, coba untuk membalas sms tersebut via Puji. Balasan sms-pun datang kembali. "untuk koordinasi, bisa ke Dinda 0857-1139-3741(Anggota Rimpala yang menjadi penanggung jawab "Mulung Perdana Rimpala").

Minggu, jam 7 pagi, sms balasan dari dinda datang. Setelah mempersiapkan diri, berangkatlah kami ke TKP. ditengah perjalanan tampak barisan mahasiswa menenteng "kantong plastik hitam ukuran 50kg".

"emangnya kuat ya kalo pake kantong plastik" tanyaku tenang. pertanyaan ini cuma dijawab dengan senyum.


Tak ketinggalan 4 orang pemulung cilik juga memeriahkan minggu pagi itu. Untuk perhelatan pertama, yang dapat melibatkan 30 mahasiswa, kita harus acungkan jempol untuk mereka.

Ternyata plastik tersebut kuat, tapi untuk menampung sampah yang ada di sisi atau tepi sungai. Plastik pertama sobek dengan sukses begitu di isi oleh anakonda cangkurawok.

"Ternyata menyenangkan ya melepaskan anakonda" kata Ilham, salah seorang anakonda yang rela berenang bersama seorang anak kecil warga sekitar.

"Itu sih karena sungai di kota lu udah pada tercemar aja, jadi lu pake kesempatan buat berenang" celetuk dinda

Mahasiswa ini berharap bahwa melalui kegiatan yang sama, juga muncul kesadaran dari penduduk sekitar untuk menjaga kelestarian sungai di sekitarnya. Yang jelas perjalanan baru saja dimulai, dukungan dari institusi (Fakultas Kehutanan dan IPB) sangat dibutuhkan oleh para pemulung muda ini.

Untuk sinergitas aktifitas, Rimpala juga berencana untuk terus ikut dalam kegiatan KPC ke depannya. Sebuah pembelajaran bagi kami, bahwa ternyata dari sesuatu yang kecil yang bisa kami lakukan bisa melakukan perubahan.

Sukses buat Teman2 Rimpala di Sungai Cikarawang.
Previous
Next Post »