Lomba Gambar Setahun Komunitas Peduli Ciliwung

Minggu, 14 Maret 2010 berlokasi di Lapangan Lebak Kantin, Sempur Bogor, acara peringatan setahun Komunitas Peduli Ciliwung diadakan. Salah satu kegiatan dari rangkaian acara ini adalah lomba gambar anak-anak tingkat SD se-Bogor dengan tema lomba “Anak Bogor Cinta Sungai Ciliwung”. Perlombaan dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori umur 7-9 tahun dan 10-12 tahun. Sekitar 50 anak-anak dari berbagai sekolah dasar di Kota Bogor dan sekitarnya ikut ambil bagian dalam lomba ini. Sebagian dari peserta adalah anak-anak Lebak Kantin yang memang sangat akrab dengan Ciliwung.

Lomba ini diselerenggarakan dalam rangka menanamkan sikap mencintai lingkungan khususnya Sungai Ciliwung pada anak-anak. Dalam lomba ini diperebutkan 6 piala KPC masing-masing untuk juara 1,2,3 pada masing-masing kategori.

Dengan dipandu Kak Zoel , anak-anak menggambar kesan masing-masing terhadap Sungai Ciliwung. Dengan menggunakan krayon warna-warni anak-anak peserta lomba mulai menggambar di selembar karton putih ukuran A3. Selain menggambar Kak Zoel juga menerangkan pada anak-anak tentang pentingnya sungai untuk kehidupan manusia dan upaya untuk memeliharanya. Anak-anak terlihat antusias sekali mengikuti penjelasan dari Kak Zoel.

Setelah usai lomba anak-anak diajak berjalan dan melihat tepian Sungai Ciliwung dan mengikuti rangkaian kegiatan lain yaitu pentas seni. Meski siang itu sangat panas, namun rasa lelah tidak tampak di wajah anak-anak itu.

Lomba berlangsung selama 2 jam, sejak jam 9 sampai jam 11. Dalam waktu itu para peserta lomba berhasil membuat gambar-gambar Sungai Ciliwung yang ekspresif. Misalnya Vania, Siswi SDN Pengadilan 2 Bogor ini menggambar kondisi Ciliwung yang penuh dengan sampah dan bau, sehingga di dalam gambar itu terlihat orang yang memakai masker untuk membersihkan sungai. Gambar inilah yang mengantarkan Vania menjadi Juara 1 lomba gambar ini untuk kategori umur 7-9 tahun.

Pengumuman pemenang dilangsungkan pada pukul 2 siang menjelang sore. Sebelum akhirnya hujan deras mengguyur Kota Bogor dan lokasi kegiatan ini. Namun demikian rangkaian acara yang diselenggarakan tetap berlangsung dengan lancar.



Pengirim=
Nonet / Sudiyah Istichomah (nonette262@gmail.com)
Previous
Next Post »

2 Komentar

Click here for Komentar
itok
admin
31 Maret 2010 12.34 ×

yg membuat tulisan ini Nonet. kok ditulisnya 'pengirim Agung'. mohon perbaikan.

Reply
avatar
Moes Jum
admin
31 Maret 2010 16.34 ×

sudah bu .. sudah diperbaiki. itu hanya masalah teknis pengirimannya karena Agung yg mem-postingnya dalam blog ini. Bukan dia yg punya tulisan

Reply
avatar