SIARAN PERS dalam Rangka Satu Tahun KPC

Komunitas Peduli Ciliwung
Sekretariat: Jl. Sempur Kaler No. 111 PAV, Bogor 16129,
Tel./fax. 0251 8320 275,



Setahun Membersihkan Ciliwung, KPC Ajak Pemerintah dan Warga Bertindak Serius


Bogor, 14 Maret 2010 – Hari ini, Komunitas Peduli Ciliwung menggelar sebuah acara di tepian Sungai Ciliwung. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati setahun aktivitas pembersihan sampah di Sungai Ciliwung dan sekaligus setahun usia komunitas ini. Berbagai kalangan warga dan seniman berkumpul bersama memeriahkan acara tersebut. Dalam acara ini Komunitas Peduli Ciliwung mengajak semua orang untuk lebih peduli pada kondisi Sungai Ciliwung.


Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) adalah kumpulan warga yang sejak tahun 2009 melakukan serangkaian kegiatan penyelamatan Sungai Ciliwung di Bogor. Sejak berdirinya, secara sukarela para anggota KPC telah melakukan aktivitas bersih sungai dengan memungut sampah‐sampah anorganik dari Sungai Ciliwung setiap minggu.

Untuk menandai setahun upayanya melakukan penyelamatan Ciliwung, KPC menggelar acara Peringatan Setahun KPC di Bogor. Acara ini bertemakan “Menyatukan Gerak Langkah Warga untuk Ciliwung”. Dalam acara ini KPC juga mengajak berbagai kalangan masyarakat, terutama warga Bogor untuk hadir dan memeriahkannya. Acara dimulai dengan lomba menggambar dan mewarnai tingkat sekolah dasar se‐Bogor. Pada saat yang sama KPC mengajak para undangan dan warga Bogor untuk bersama‐sama melakukan pemungutan sampah anorganik di Sungai Ciliwung. Masih dalam rangkaian kegiatan ini, KPC juga mengundang para pemerhati dan pegiat Ciliwung untuk bertukar pikiran mencari solusi bersama penyelamatan Sungai Ciliwung dalam sebuah sarasehan. Para seniman muda dari Jakarta, Bogor, dan Bandung turut memeriahkan acara ini dengan menampilkan karya‐karya mereka. Selain itu para seniman sunda klasik dari Bogor juga turut mengisi acara dengan menampilkan musik kecapi suling dan gendang pencak.

Kepedulian pada Sungai Ciliwung seharusnya menjadi kepedulian lintas usia, lintas budaya, agama dan profesi. Kami ingin mengajak semua orang untuk peduli. Itulah yang mendasari digelarnya acara ini“, tutur Nino (Sutrisno), Ketua Panitia Peringatan Setahun KPC.

Selama setahun ini, KPC telah melakukan 48 kali aksi mulung di Sungai Ciliwung di Bogor. Tumpukan sampah sungai Ciliwung di Bogor ternyata tidak kalah dengan di daerah hilirnya. Sungai Ciliwung telah menjadi tempat sampah raksasa sejak dari wilayah hulu dan tengahnya di Bogor. Aksi mulung KPC selama setahun telah membuktikan hal ini.

Namun demikian penanganan masalah ini seringkali dibayangkan sebagai upaya yang pelik dan tidak mudah. Hal ini telah menjadi hambatan psikologis bagi upaya penyelamatan sungai ini. Dibutuhkan adanya tindakan nyata yang jelas dari berbagai pihak. KPC telah memulainya dengan hanya 2‐3 jam setiap minggunya, setidaknya KPC telah berhasil mengumpulkan puluhan ribu karung sampah yang beratnya hampir setara dengan ratusan ton sampah anorganik dari Sungai Ciliwung.

Ciliwung milik kita semua. Warga masyarakat harus mulai bertindak. Pemerintah pun harus mengambil perannya. Kondisi Ciliwung akan semakin buruk jika kita hanya tinggal diam dan menunggu!” pungkas Hapsoro, Koordinator Komunitas Peduli Ciliwung.


CATATAN UNTUK EDITOR:
• Sungai Ciliwung mengalir sepanjang 119 km dari wilayah hulunya di Cagar Alam Telaga Warna (Puncak) hingga bermuara di Teluk Jakarta. Aliran sungai ini melintasi wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Propinsi DKI Jakarta.

• Kegiatan Peringatan Setahun KPC diselenggarakan pada Hari Minggu, 14 Maret 2010, mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WIB. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Kampung Lebak Kantin, Kelurahan Sempur, Kota Bogor. Kegiatan ini diisi dengan berbagai acara, yaitu 1) lomba menggambar/mewarnai tingkat sekolah dasar se‐Bogor, 2) aksi mulung sampah bersama di Sungai Ciliwung, 3) sarasehan para pemerhati Ciliwung, serta 4) pentas seni dan budaya.

• Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) adalah sebuah komunitas warga yang peduli terhadap kebersihan dan kelestarian Sungai Ciliwung. Komunitas ini berbasis di Bogor. Informasi lebih detil tentang kegiatan komunitas ini dapat diperoleh di situs web www.tjiliwoeng.co.cc

Kontak
Sutrisno, Koordinator Peringatan Setahun KPC mobile phone: 0815 851 69977, e‐mail: djreinhart@gmail.com
Hapsoro, Koordinator KPC. mobile phone: 0815 857 19872, e‐mail: hapsoro@telapak.org



Unduh file selengkapnya di
https://docs.google.com/fileview?id=0B-5rpj5pNxPEOWU5MzhlM2YtNDRmYS00OTA5LWJkMGEtYjFmZTQ2ZDBmZTg2&hl=en
Previous
Next Post »