Dulu Ada Badak Kali Yaa?

Sejarah akan sebuah tempat memang menarik untuk dipelajari. Beruntunglah kita jika tahu bagaimana cerita di balik nama sebuah tempat. Kebetulan di sekitar Bogor dan daerah-daerah lain di Jawa Barat, cukup mudah menjumpai nama-nama tempat yang mengandung arti. Umumnya artinya dikaitkan dengan sebuah kejadian ataupun sesuatu yang pernah ada (dahulu kala) di tempat tersebut.

Cibadak dan Kandang Badak adalah dua contoh tempat yang mengandung arti kesejarahan. Konon (mungkin saja memang betul), dahulu kala, di kedua tempat itu pernah dijumpai atau bahkan banyak dijumpai binatang yang kini populasinya terancam punah. Badak, Jawa (karena hidup di Jawa) atau bagi para ilmuwan dikenal dengan nama latin Rhinoceros sondaicus. Kini binatang besar berkulit tebal ini hanya tersisa dalam jumlah sedikit di ujung barat Pulau Jawa (Ujung Kulon).

Tapi tunggu dulu ... nama yang mengandung kata "badak" ada juga lho di sekitar aliran Ciliwung di Bogor. Kedung Badak namanya. Tempat ini berada di bagian utara Kota Bogor. Tentu saja sekarang tidak akan dijumpai adanya populasi badak di sana. Yang ada di daerah itu sekarang adalah perumahan, pabrik-pabrik, jalan raya ... dan di bantaran sungainya ... jelas ada tumpukan sampah. Di sinilah para laskar karung akan kembali beraksi.

Previous
Next Post »