Soesoer Tjiliwoeng Landjoetan Ke-Empat

Susur Tjiliwoeng yang ke empat ini star-nya dimulai dari jembatan Gadog, finis-nya di jembatan Bale Binarum Jalan Raya Pajajaran kelurahan Baranangsiang berbatasan dengan kelurahan Sukasari, orang yang ikutan susur ini berjumlah 8 orang.

Apa aja yang ditemukan pada saat susur kemaren? Ada yang menemukan ikan oskar, ikan benteur, ikan gabus (bogo'), mujair, guppy dan kodok bangkong besar. Kalau pengen tau apa dan siapa aja yang menemukan apa? ikuti aja beritanya di blog tjiliwoeng.

Pada waktu susur Ciliwung tanggal 02/04/2011 kemaren, akhirnya saya sebagai kumendan susur dapat menjawab semua pertanyaan yang pernah terlontar di blog KPC.

Ada apa dengan Tjiliwoeng? Ada banyak hal yang ditemukan di Tjiliwoeng mulai pertanian yang hijau sampai orang yang membuang sampah dan galian C.

Kejadian apa yang terjadi? Alih fungsi terhadap Delta Tjiliwoeng. Siapa saja yang menikmati Tjiliwoeng? Tentunya yang menikmati adalah masyarakat, perusahaan dan mungkin para pejabat.

Siapa saja yang tinggal di bantaran Tjiliwoeng? Beragam suku ternyata yang tinggal di Tjiliwoeng ada orang sunda, batak, jawa, padang, bugis, tionghoa dan betawi. Tentunya bukan hanya orang yang tidak mampu atau miskin melainkan orang kaya pun senang tinggal di bantaran Tjiliwoeng.

Siapa yang akan merusak dan telah merusak Tjiliwoeng? MV Bina Sena Jakarta, villa pak candra, SKI (Sumber Kaya Indah Tajur), Unitex tajur, perumahan Pondok Tajur Indah yang sengaja bikin pembuangan sampahnya ke Tjiliwoeng (tinggal dorong). Tak luput dari masyarakat yang tinggal di bantaran Tjiliwoeng sendiri yang tiap hari buang sampah ke Tjiliwoeng.

Kearifan apa aja tentang budaya lokal di sekitar Tjiliwoeng? Ada sebuah anak sungai ciliwung namanya Ciesek yang tiap malam tertentu digunakan mandi ritual, untuk mencari sesuatu atau penyempurnaan yang punya hajat, dan Tjiliwoeng juga dijadikan tempat mancing.

Layakkah Tjiliwoeng dijadikan air minum? Nah kalau yang ini pertanyaan yang memang agak sulit dijawab, karna kalau untuk tempat mandi mungkin masih bisa atau tempat nyuci. Tapi kalau untuk air minum mari kita jawab rame rame mungkin atau tidak mungkin Tjiliwoeng airnya bisa diminum langsung?
Previous
Next Post »