Tahukah Kamu Nggeeer "Anakku"


Tahukah kamu Nggeer (sebutan sayang anakku) akan kondisi sungai yang kamu jadikan tempat bermain?
Air yang kamu buat mandi keliatannya bersih, tapi apakah kamu sadar di sekitarmu itu ngger.

Banyaknya sampah yang mengotori sungai ini apa layak di buat mandi olehmu? wahai ayahku seolah kalau engkau bisa berucap nggeer pada hakekatnya air itu semua bersih karna airlah yang membersihkan tubuh kita dan airlah pemberi manfaat bagi mahluk bumi lainya ayah. oh begitukah nggeeer baiklah kalau begitu, yang penting kamu sadar, lantas apa yang akan kamu lakukan dan perbuat apabila sungai ini kotor Nggeeer? simple aja ayah kalau kotor yaa di bersihkan seperti halnya air tadi sebagai pembersih tubuh kita dan pelepas dahaga serta banyak lagi manfaat buat mahluk hidup lainya.

Kalau begitu ayahmu ini tidak salah mengajak bermain dirimu di ciliwung karna selain ayah ingin mengajarkan sebuah arti menjaga kebersihan untuk dirimu khususnya air sungai ini Nggeeer, ayah juga ingin mengajarkan apa saja manfaat dan faedahnya jika air sungai yang Nggeeer tadi jadikan tempat bermain.

Lantas apa manfaat dan faedahnya ayah? manfaatnya pansti banyak Nggeeer faedahnya juga banyak tapi pada intinya ayah ingin menunjukan bahwasan kebersihan itu adalah sebagian dari iman Nggeeer, kalau disekitarmu bersih Insya ALLAH kamu bisa dikatakan memiliki keimanan.

Cotohnya begini Nggeeeer...... 1.kalau emakmu mau masak pasti emak cari air untuk mencuci beras atau buat air mandimu, 2.ketika bajumu kotor emak juga memanfaatkan air untuk mencuci bajumu, 3.tapi bukan lantas ketika lingkungan rumahmu kotor banyak sampah kamu cuci dengan air sungai(dibuang ke sungai) mengertikan Nggeeer. Itulah yang ayah ingin ajarkan terhadapmu Nggeeer sekarang ini, ayah mengajak Nggger melihat apa yang sebenarnya terjadi sekarang ini, terhadap air dan sungai.

Ayah tadi juga mencontohkan salah satu manfaat dan faedah kegunaan air dan sungai ada 2 contoh yang baik perlu kamu tiru di atas(1dan2), ada contoh yang jangan kamu tiru diatas(3, karna kalau kamu contoh yang nomor 3 dan di ikuti oleh banyak warga di lingkunganmu tinggal pastinya air dan sungai juga bisa mengancam kamu dan warga dilingkuganmu tinggal dengan banjirnya. Apalagi kalau air sudah kotor tentunya kebutuhanmu yang telah di sebutkan diatas 1dan2 tidak akan bisa terpenuhi,  kebutuhan nomor 1 dan 2 yang menjadikanmu tampan, bersih, rapih dan berwibawa.

Nah itulah yang sekarang ini ayah coba ajarkan terhadapmu Nggeeer(anaku), Oh yaaa... Nggeeer jangan hanya berdiskusi saja, mari kita nikmati suasana mulung sampah di Sungai Ciliwung di bulan puasa ini, dengan hati Ikhlas demi menggapai kebersihan bagian dari iman Nggeeer, apalagi sekarang bulan puasa mugo-mugo gusti kang Agung sing maringi urip mahluk-mahluk ciptaane neng bumi lan sing nyiptake' kali Ciliwung sing awak dhewe resiki saiki, dibalas karo ganjaran sing di janjike kanggo wong sing iklas lan sing marigi manfaat kango kalangane Amin.


Bersambung.................... Nggeeer berikutnya
Previous
Next Post »

2 Komentar

Click here for Komentar
Moes Jum
admin
5 Agustus 2012 22.28 ×

Ngeer ... jangan lupa, ajakan dan wejangan ayahmu itu biasanya dianggap angin lalu sama teman2nya. Kamu gak usah pedulikan yaa ... terus aja berbuat biarpun dicemooh!

Reply
avatar
8 Agustus 2012 13.44 ×

Semangat pak D Insya Allah aku akan dengar ajakan ayahku dan wejagane.

Reply
avatar