Memahami Ciliwung melalui KPC Bogor

Komunitas Peduli Ciliwung dan Sungai Ciliwung. Apa dan siapa mereka.
Tertarik mendengar berita tentang sekelompok orang yang bekerja agar Sungai Ciliwung menjadi bersih. Pengen tahu seperti apa mereka, apa yang mereka kerjakan, kenapa alasannya. Google dan mendapatkan info di twitter @tjiliwoeng. Telpon Pak Ntis untuk konfirmasi Hari Mulung Sabtu 7 Juni 2014


Ditulis oleh Inda. melindayunita95[at]rocketmail[dot]com

Sabtu pagi tanggal 7 Juni 2014, gue duduk di trotoar depan SD Sempur, Bogor, menikmati cireng dan memandangi anak-anak SD berseragam pada mondar-mandir jajan. Ngapain gue nongkrong di situ? Hmm sebenernya sih bukan untuk jajan cireng, tapi karena malem sebelumnya gue liat di twitter @tjiliwoeng yang bilang bahwa akan ada acara mulung sampah dan penanaman bibit bareng di Sungai Ciliwung Bogor. Na, ketemuannya ya di situ deket SD Sempur itu.

Sambil nunggu orang-orangnya ngumpul, gue ngobrol-ngobrol dulu seputar Ciliwung sama abang cireng di situ. Dapet twitter @tjiliwoeng pun itu karena gue googling "Kegiatan Sabtu pagi di Ciliwung Bogor".

Gue tertarik banget sama kegiatan-kegiatan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) karena menurut gue mereka adalah komunitas yang sangat terbuka pada orang-orang yang mau berpartisipasi dalam menjaga kelestarian Sungai Ciliwung. Gua sangat percaya bahwa kualitas lingkungan tempat gua hidup itu sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup gua sendiri.

Nah, yang gua tangkep waktu pertama kali baca-baca website Ciliwung Institute (Temennya Komunitas Peduli Ciliwung) yaitu mereka adalah salah satu jalan untuk gue mewujudkan impian gue: meningkatkan kualitas lingkungan hidup di negara gue.



Gue gak mau jadi orang yang bisanya marah-marah doang tiap kali banjir, gue maunya ikut jaga sungai supaya gak banjir. Kalau gue ikut bantu-bantu jaga sungai kan gua jadi merasa punya andil dalam menjaga alam, abisnya kan hidup gua juga bergantung sama alam, jadi timbal balik gitu loh. Masa alam mulu ngasih, gue juga mau ngasih sesuatu buat alam.

Terus banyak deh kegiatan-kegiatan Komunitas Ciliwung selain yang gue ikuti Sabtu pagi itu, yang menurut gue keren. Kayak penyuluhan/pemberian bimbingan pada masyarakat yang tinggal di sekitar sungai, supaya mereka ngerti bahwa sungai tuh bukan tong sampah, bahwa mutu air di sungai itu penting untuk dijaga.

Gue juga ikutan merasa dikasih pengetahuan-pengetahuan baru setiap ikut kegiatan KPC, orang-orangnya baik deh, terbuka gitu gak pelit ilmu. Keterbukaan mereka jadi nilai plus sendiri buat gue, buktinya Sabtu itu kan gue dateng sendirian tuh ke depan SD Sempur, tapi mereka bikin supaya gue gak merasa gue asing di sana.

Pokoknya gue salut deh sama Komunitas Ciliwung, siap-siap aja terima gue yang akan bolak-balik muncul ikut kegiatan *nyengir*
Previous
Next Post »