Sungai Itu Milik Siapa Sich............

Bicara sungai? Ucap salam dulu yaa. Salam Rp #RiverPatrol adalah #PatroliSungai. Sejatinya Sungai adalah milik public, katanya sich apa benar itu?


Secara Ekosistem memang sungai mengalir dari hulunya di pegunungan dataran tinggi ke muaranya di dataran rendah hingga ke laut. Namun bicara hulu hilir lantas apa yang terjadi di sepanjang alirannya? Ayoo kita runut terkait permasalahan hulu hilir di dunia persungaian yang katanya milik publik itu?

Di hulu sungai memiliki hutan, siapa penguasa hutan? ada yang bilang hutan milik pemerintah di kementrian kehutanan dan lingkungan hidup (KLHK) itu baru katanya loh......
Sedangkan di tengah sungai yang katanya banyak sawah dan bangunan rumah itu milik siapa? siapa yang punya tanggung jawab seperti yang memeiliki hutan?
Kalau di hilir sich sudah jelas kan ada kementrian kelautan dan perikanan tentunya harus ikut menjaga dong? kalau di tengah kan kementriannya banyak banget apa juga kementrian itu ikut menjaga sungai? monggo yang bisa jawab di jawab.

Dari hulu saja hutan, apakah di sepanjang alirannya di sepanjang jalan airnya juga hutan? oh terkait itu harusnya kita bisa melihat secara langsung di setiap jengkal lika-likunya sungai loh yaa. yang merasa memiliki sungai?
Kalau dari pengalaman Team Armada River Patrol, tidak semua sungai di kanan kirinya hutan loh, tergantung karakteristik sungainya. Katakan saja Sungai Cisadane yang hulunya di Gunung Gede Pangranggo sana di daerah kabupaten Bogor yang berbatasan dengan Sukabumi, Bogor dan Cianjur secara administrasi. Di hulunya memang hutan, di tengah ada pemukiman,  dan di hulu anak sungainya pun ada hutan, pemukiman dan hingga muaranya kelaut sana loh. Apakah di sungai ada kaitannya dengan mata air, setu dan sawah? Nah itu dia secara daerah aliran sungai (DAS) tentunya juga ada kaitannya dong.

Bicara tentang aliran sungai dan kaitan sungai tentang hutan,mata air, setu dan sawah tentunya idealnya bantaran sungai memang harusnya ada pohon nya walau bukan hutan, tapi kan di era sekarang istilah RTH  sangat santer di kampayekan, apakah itu bisa di terapkan? wah emboh siapa saja coba jawab pertanyaan itu yaa.

Bicara sungai katanya pada tanggal 26-30 Agustus 2015 ada kongres tentang sungai di Banjarnegara- Jawa Tengah. nah loh tu siapa yang ngadain Kongres sejak kapan sungai di privatisasi?  Ingat loh bung bahwasannya sungai itu milik Publik.


Salam Rp (RiverPatrol Susur Alam Lewat Alur Masyarakat) #RiverPatrol adalah #PatroliSungai.


Previous
Next Post »