20 Mei, Saatnya Aksi Mulung Sampah Dengan Gembira



Oleh :   Hardiyanti-Relawan KPC Bogor, Ketua Lomba Mulung Sampah Ciliwung 9

Sebagai sebuah sungai Ciliwung telah banyak memberi manfaat dan inspirasi inspirasi kehidupan manusia. Pelukis legendaris Basoeki Abdullah misalnya, karyanya banyak menempatkan hulu sungai Ciliwung dan gunung Gede Pangrango sebagai sumber inspirasi estetika, lalu ada seni patung ‘Si Denok’ yang menjadi koleksi Istana Presiden Bogor, konon batunya diambil dari Sungai Ciliwung di bawah Jembatan Otista.

Dibidang ilmiah Ciliwung juga telah menjadi obyek berbagai kajian ilmiah, yang hasilnya banyak didiskusikan di seminar dan lokakarya yang mengangkat isu-isu Ciliwung dari berbagai angle.

Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor bisa jadi bukan satu-satunya komunitas yang peduli dan mau memungut sampah Ciliwung. Namun komunitas yang berawal dari kegelisahan almarhum Hapsoro atas kondisi Ciliwung, menjadi komunitas yang aksi-aksinya gampang ditemui dan dilakukan. KPC Bogor melakukan aksi mulung sampah tiap Sabtu dengan tujuan mengubah mindset warga, Ciliwung bukan tempat sampah, melainkan sebuah kehidupan yang perlu dirawat, dijaga dan dilestarikan.

Semenjak dicetuskan pada 2009, KPC konsisten selama sembilan tahun memulung sampah. Meski demikian tak mungkin hanya mengandalkan KPC Bogor untuk mengurus Ciliwun. Kegiatan seperti ini harus bisa diadopsi di sepanjang aliran Ciliwung kota Bogor.

Arisan kebersihan di Babakan Pasar bisa jadi salah satu inisiatif kolaborasi komunitas, warga dan pemerintah Kelurahan bergerak bersama membersihkan sungai Ciliwung dan lingkungan. Demikian halnya diwilayah Sempur, Tanah Sareal dan lainnya yang menempatkan kerja bakti warga dengan membersihkan Ciliwung.

KPC dan Pemerintah Kota Bogor melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan rutin menggelar Lomba Mulung Sampah Ciliwung (LMSC) tiap tahun. LMSC terbukti menumbuhkan semangat gotong royong dan kekompakan warga. Membersihkan Sungai Ciliwung dengan suasana gembira. Selama delapan tahun  terlaksana, KPC telah melibatkan 12.275 warga untuk mengangkut 15.939 karung sampah anorganik yang ada di Sungai Ciliwung.


Bangga ? tidak juga, yang jelas fakta pengangkutan sampah dan pembuangnya selalu tidak imbang. Tapi itu adalah tantangan kita bersama. LMSC ke 9 akan digelar besok Sabtu 20 Mei 2017. Mari bergerak bersama, mulai dengan terlibat lomba sebagai peserta maupun relawan.

---
Previous
Next Post »