Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Wujudkan komitmen untuk membuat Sungai Ciliwung di Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Warga Bogor tidak Buang Sampah lagi ke Sungai CIliwung
Satukan Gerak Langkah Warga - Ciliwung

Lokasi Kegiatan dan Acara:

Lapangan Lebak Kantin

SEMPUR - BOGOR

Minggu 14 Maret 2010
Semangat Pantang KenduRRR
oleh Anak Peri pada 28 Oktober 2009

Biar saja keadaan Ciliwung sekarang ini menjadi musuh bersama, karena mungkin hanya itulah cara untuk menjaga semangat tetap hot dan tindakan tetap seirama untuk memerdekakan diri bersama-sama. Ciliwung bersih akan menjadi budaya. Budaya yang memerdekakan orang beserta keturunannya dari bencana dan nasib buruk lainnya. Mari Merdeka ....

Logo komunitas Peduli Ciliwung
KompetiSi CiliwunG BersiH
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juli - 25 - 2009

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-64, sejumlah warga Bogor yang tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) akan menyelenggarakan kegiatan pembersihan sampah Ciliwung di Kota Bogor. Kegiatan ini berjudul Kompetisi Pemulungan Sampah Ciliwung Antar Kelurahan dengan tema “Ciliwung Bersih, Warga Merdeka”. ...

Ciliwung Bersih Warga Merdeka
Tjiliwoeng ber-Gojang
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juni - 2 - 2009

“Ayoo Mang … jangan malu2. Kang Dadaaang … paling cakep, hayu goyang bareng saya. Jangan lupa mari kita goyang untuk Ciliwung tercinta …”

Orkes Melayu Gerobak Dorong
Impian Anda dan Kami
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 31 - 2009

'Sungai yang indah, berair bening dan sejuk bukanlah hal tidak bisa didapatkan'. Apalagi jika dihias pepohonan rindang dan pokok bambu di tepiannya. Bukankah ini mimpi yang kita dambakan ? ...

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
Selamat Hari Air Sedunia
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 22 - 2009

Sungguh indah bisa meluangkan waktu, walau hanya beberapa saat, mengotori diri kita dari pagi hingga siang. Hanya ini lah yang dapat kami lakukan, melihat yang terjadi dan mencoba turut menganyunkan lengan, membuka jemari kita, dan meraih apa yang telah kita buang tuk tempatkan kembali ke tempatnya dengan baik.

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
AKSI Pertama - Bersih Ciliwung
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 15 - 2009

Pada hari minggu 15 Maret 2009, kita telah turun membersihkan Sungai Ciliwung di beberapa titik. Acara dimulai dari jam 06:30 s/d 13:00 WIB, di sekitar lapangan sempur. Aksi bersih dan mulung sampah Ciliwung ini di dihadiri oleh lebih kurang 80 orang, yang terdiri atas bebrapa kelompok, tersebutlah Komunitas Kampoeng Bogor, Telapak, Gekko, Lawalata, Forest Watch Indonesia dan teman-teman dari TN Gunung Gede Pangrango dan kawan dari Kebun Raya Bogor. Sukes untuk kita semua, ....

Ciliwung Rusak - Hirup Balangsak
TJILIWOENG DREAMS
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Feb - 22 - 2009

wadah bagi upaya Mewujudkan Mimpi-Mimpi Warga tentang Sungai Ciliwung. Mimpi akan sungai yang indah, berair bening dan sejuk. Dihias rindang pepohonan dan pokok bambu di tepiannya. Ditingkah aktivitas warga yang memancing ikan, mandi dan mencuci. Tanpa tumpukan sampah kotor dan limpahan air coklat penyebab banjir di hilirnya

About Tjiliwoeng Dreams
Dari Katulampa hingga Pasar Bogor
Posted by Tjiliwoeng Dreams On March - 3 - 2009

Beberapa waktu lalu saya iseng2 mencoba menyusuri Ciliwung dari Katulampa sampai Pasar Bogor. Sebelumnya saya pernah bermimpi tentang Tjiliwoeng Tempo Doeloe yang asri, indah, airnya bening, banyak anak kecil yang mandi dan bermain di sungai, serta ibu2 yang asik mencuci pakaian di tepiannya. Penyusuran yang saya lakukan kali ini bukanlah mimpi, namun kenyataan sesungguhnya yang saya temukan. Tujuan saya kala itu hanya satu, ingin tahu darimana asal tumpukan sampah di Ciliwung (Kota Bogor) dan apa penyebab sulitnya memancing ikan di sana.

Debit air dari Bendungan Katulampa
Susur Ciliwung ... Asik
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Jan - 28 - 2009

Untuk kesekian kalinya saya bersama segerombolan kecil teman2 (tanpa nama) kembali turun kali Ciliwung. Masih dengan semangat membara menuju Ciliwung baik dan bersih, walau harus dilakukan sendiri. Kami memotret lokasi2 penumpukan sampahdi sepanjang Ciliwung dan sekaligus mencoba memetakannya secara sederhana. Tidak muluk2, hanya di seputar kota Bogor. Dari bendungan Katulampa, hingga ke perbatasan dengan Cilebut.

Ngapain tuh mbuntutin orang ...

Oleh-oleh Dari Situ Daun (Part 1)

Pengirim Annas Radin Syarif On Kamis, April 23, 2009
Fieldtrip MSP
"Gw ada usul gimana kalo kita ikut sampling bioindikator (Fieldtrip proper) Sabtu, 18 April di daerah Situ Daun" isi penggalan email dari Aan. Tim Riset Tjiliwoeng dapat tawaran "Latihan" dari asisten matakuliah produktivitas perairan (proper) itu. Mengingat pengamatan di Pulo geulis Minggu lalu (12/04), tawaran tersebut di sambut gembira. Selain belajar, juga tersirat harapan mendapatkan "massa" untuk pengamatan Minggu besok (19/04).




Pasalnya, Sabtu-18 April 2009, mahasiswa dari Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (MSP FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan praktek lapang (fieldtrip) tentang produktivitas perairan mengalir. Mahasiswa MSP angkatan 43, menjadi peserta dalam "hajatan tahunan" yang diadakan setiap akhir matakuliah proper ini. Seperti biasanya, mereka didampingi oleh Dosen, Laboran, Teknisi dan Asisten. Kami (Ruby, Romi, dan Annas) dapat mengikuti acara ini dikarenakan kami alumni MSP'39 ditambah lagi asisten kali ini adalah Aan, teman seangkatan kita. Pagi itu, terasa reunian bagi kami ber-empat. Melihat dan bergabung bersama adik-adik kelas, mengingatkan kami pada fieldtrip di Nanggung beberapa tahun yang lalu.

Lokasi fieldtrip, Sungai Cihideung, di Desa Situ Daun Kecamatan Tenjolaya Kabupaten Bogor. Desa yang terletak di kaki Gunung Salak, kami perkirakan jaraknya 7 Km dari Kampus IPB Darmaga. Perjalanan menuju lokasi memakan waktu kurang lebih 30 menit dengan menggunakan Angkot.

Sungai yang masuk dalam Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisadane ini, alirannya melewati Jembatan Merdeka, Belakang Kampus IPB Darmaga, dan berakhir di Kota Tanggerang. Batu-batu besar yang terdapat di badan sungai, merupakan ciri khas daerah hulu. Kiri-kanan sungai merupakan persawahan dan juga ditemukan kolam-kolam budidaya ikan milik warga sekitar. Jenis ikan-ikan yang dipelihara warga adalah Ikan Mas (Cyprinus carpio), Ikan Gurame (Osphronemos gouramy), dan Ikan Nila (Oreochromis niloticus). Pemandangan seperti di Pulo Geulis juga kami temukan di sini, yaitu aktifitas penduduk seperti mandi, mencuci pakaian, dan buang air (MCK).

Sepertinya, warga masih memandang sungai sebagai "tempat sampah" dan "Kamar mandi" yang murah tanpa ada beban biaya yang harus ditanggung. Dengan banyaknya orang (Akademisi, peneliti, masyrakat umum, dan pemerintah) diharapkan dapat merubah pola pikir masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai. Untuk saat ini mungkin, masih jauh dari harapan. Namun dengan kegiatan ini, minimal menimbulkan rasa malu. Malu jika mengotori sungai!!!. Karena sungai adalah sumber kehidupan bukan tempat pembuangan.



(Tim Riset Tjiliwoeng)

Berita Terkait:




Tags : ,
| edit post Print this post Bookmark and Share

0 Response to "Oleh-oleh Dari Situ Daun (Part 1)"

    Entri Populer

    Komoenitas Pedoeli Tjiliwoeng


    Saoeng Tepijan Soengaij Tjiliwoeng,
    Jalan Sempur Kaler No. 62,

    Kelurahan Sempur, Bogor

    Tel.0856 123 52 98

    +++ e-mail: tjiliwoeng@gmail.com

    +++
    kontak:

    • Sutisna Rey (0857-78431841),
    • M Muslich (0813-82134648),
    • Een Irawan Putra (0813-88014414),
    TopBottom