Siswa SMK Tri Dharma 2: Pengalaman Dilempar Sampah Saat Mulung Ciliwung


Perlakuan manusia terhadap sungai, khususnya sungai Ciliwung mendapat tanggapan dari siswa SMK Tri Dharma 2 Kota Bogor. Perilaku membuang sampah di sungai masih saja hinggap di masyarakat, padahal didekatnya sudah tersedia tempat sampah. Melihat kondisi inilah para siswa itu ikut turun aktif memulung sampah sungai Ciliwung. Aksi mereka merupakan ajakan peduli sungai dengan memberikan contoh secara langsung, agar masyarakat tidak membuang sampahnya ke kali (sungai). Jika seusia mereka saja bisa, kenapa yang lain tidak. Demikian ungkapan Rizky dan Iskandar, ketika ditemui saat aksinya bersama komunitas peduli Ciliwung (KPC).

Menurut kedua anak SMK itu, sampah jangan di buang ke sungai. Toh yang rugi juga manusianya sendiri. Aksi mulung yang dilakukan pada sabtu (5/12) lalu itu merupakan bagian agenda rutin mulung sampah Ciliwung oleh KPC. Keduanya merespon positif kegiatan mulung ini. Melalui kegiatan ini mereka bisa mendapatkan pengalaman unik, dimana mereka saksikan sendiri arogansi manusia (masyarakat) yang tetap membuang sampah kesungai. Meski sungai saat itu sedang dibersihkan. Sepertinya sudah tidak ada rasa malu.
Previous
Next Post »

4 Komentar

Click here for Komentar
itok
admin
7 Desember 2009 09.55 ×

minggu ini SMK Tri Darma, bulan lalu Clara dan rombongan RP, sebelumnya anak2 SD Penabur. banyak juga rombongannya KPC ini. sukses selalu. membuat semakin banyak orang ikutan peduli.

Reply
avatar
Moes Jum
admin
8 Desember 2009 10.14 ×

mantaaap ... semoga sekolah2 lain di Bogor bisa ikutan peduli juga sama Ciliwung tercinta ini

Reply
avatar
Anonim
admin
8 Desember 2009 15.39 ×

kalau perlu jangan anak sekolah aja yang di jadikan saran ngimana kalau kita ajak juga kroni kroni nya perusahan supaya mereka juga bisa merasakan adem panas nya air tjiliwoeng he he he

Reply
avatar
25 Maret 2012 15.04 ×

kalau ada acara KPC lagi, undang2 yaa
@Siswi_smktridharma2

Reply
avatar