Warga Peringati Hari Jadi Bogor dengan Mengikuti Lomba Mulung Ciliwung


RILIS PERS


Bogor - 2 Juni 2012. Ribuan warga tumpah ruah di Sungai Ciliwung. Sambil menenteng karung, mereka memunguti sampah yang ada dan memasukkannya dalam karung. Lomba mulung Ciliwung antar kelurahan se-Kota Bogor kembali diselenggarakan. Di tahun keempat ini, lomba mulung diadakan pada 2 Juni sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Bogor ke-530.

Lomba mulung Ciiwung merupakan agenda kegiatan tahunan yang diinisiasi oleh Komunitas Peduli Ciliwung (KPC). Tahun ini lomba tersebut memasuki tahun keempat. Tahun-tahun sebelumnya, lomba mulung biasanya diadakan pada akhir tahun. Namun pada tahun ini, pemerintah kota Bogor akhirnya menetapkan lomba mulung sebagai kegiatan rutin Kota Bogor.

 “Tahun 2011, Pak Walikota menyatakan bahwa lomba mulung sampah dinyatakan satu kegiatan kalender Hari Jadi Bogor. Lomba pemulungan sampah Ciliwung tahun ini sangat spesial, menjadi satu dengan kegiatan kalender Hari Jadi Bogor. Kalau kalender Hari Jadi Bogor berarti tiap tahun akan terus dilaksanakan,” jelas Daud Nedo Darenoh, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor.


Terdapat 12 kelurahan yang ikut berpartisipasi dalam lomba mulung yaitu: Kelurahan Sindangrasa, Katulampa, Tajur, Sukasari, Baranangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Bantarjati, Tanah Sareal, Cibuluh, Kedung Badak dan Kedung Halang. Dua belas kelurahan itu merupakan kelurahan yang terletak di bantaran Sungai Ciliwung. Kelurahan tersebut memperebutkan piala bergilir Walikota dan hadiah berupa uang tunai. 


Tema lomba mulung tahun ini adalah “Warga Bogor Peduli Ciliwung”. Kepedulian terhadap Sungai Ciliwung itulah yang memang ingin ditanamkan pada warga melalui kegiatan ini. Rinenggo Siwi, Koordinator Lomba Mulung Ciliwung mengatakan, “Ini sudah memasuki tahun keempat dan kami dari KPC berharap warga tidak hanya satu hari ini saja peduli dengan Sungai Ciliwung tetapi juga setiap saat. Semoga kondisi Sungai Ciliwung semakin membaik dan cita-cita kami akan Sungai Ciliwung yang bersih, berair bening, dan sejuk bisa terwujud.”



Kontak untuk wawancara:
Rinenggo Siwi – Koordinator Lomba Mulung Ciliwung
atau 082125152704 atau rinenggo.siwi@gmail.com
Daud Nedo Darenoh – Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor
081316499494 atau dara.ayomi@yahoo.com

Kontak untuk permintaan foto:
Sheila Kartika – sheila@telapak.org atau 08568871996
Previous
Next Post »