Memperingati Hari Jadi Bogor, Contohkan Kepedulian Kota pada Ciliwung



SIARAN PERS


Bogor - 3 Juni 2012.  Hari Jadi Bogor ke-530 diwarnai dengan upaya warga kota membersihkan Sungai Ciliwung.   Ribuan warga Bogor menunjukkan kepeduliannya dengan mengikuti Lomba Mulung Sampah Ciliwung Antar Kelurahan se-Kota Bogor IV.  Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor beserta Komunitas Peduli Ciliwung Bogor.  Kelurahan Tanah Sareal dinyatakan sebagai pemenang utama dalam lomba mulung kali ini.

Bertepatan dengan puncak acara peringatan Hari Jadi Bogor ke-530, Pemerintah Kota Bogor menyerahkan hadiah bagi para pemenang Lomba Mulung Sampah Ciliwung Antar Kelurahan se-Kota Bogor tahun 2012.  Penyerahan hadiah dan Piala Bergilir Walikota Bogor diserahkan di Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Bogor. Tahun ini adalah tahun keempat diselenggarakannya perlombaan mulung sampah Ciliwung di Kota Bogor.  Melalui tahap penilaian yang ketat, akhirnya Kelurahan Tanah Sareal diumumkan sebagai juara pertama lomba yang memperebutkan Piala Bergilir Walikota Bogor ini. Sementara peringkat kedua dan ketiga diduduki oleh Kelurahan Bantarjati dan Kelurahan Sempur. 


Lurah Tanah Sareal, Dandi Mulyana, yang hadir mewakili pemenang pertama mengungkapkan, ”Kami bangga dengan kemenangan ini.  Kemenangan ini adalah bukti dari keseriusan warga Tanah Sareal dalam upaya menjaga kebersihan Ciliwung yang melintasi wilayah kami”.

Perlombaan ini diselenggarakan pada hari Sabtu (2/6/2012), sehari sebelum puncak peringatan Hari Jadi Bogor ke-530.  Penyelenggara utama lomba adalah Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor dan Komunitas Peduli Ciliwung Bogor (KPC Bogor).  Tak kurang dari 1.475 orang warga yang berdomisili di 12 kelurahan sepanjang aliran Sungai Ciliwung berpartisipasi aktif dalam lomba ini.  Dalam penghitungan para juri, ribuan warga Bogor tersebut telah berhasil mengangkat 2.950 karung berukuran 25 kg yang berisi sampah-sampah anorganik dari Sungai Ciliwung. 

”Warga Bogor telah menunjukkan keaktifannya dalam lomba ini.  Semoga hal ini terus berlanjut hingga kebersihan sungai dapat membudaya di Bogor,” papar Daud Nedo Darenoh, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor.

Sementara itu, koordinator lomba dari KPC Bogor, Rinenggo Siwi mengatakan,”Warga Bogor bersama Pemerintah Kota Bogor setempat telah menunjukkan keseriusannya dalam mengupayakan kebersihan Sungai Ciliwung.  Semestinya hal ini dapat dicontoh oleh daerah-daerah lain yang menjadi lintasan Ciliwung hingga ke Jakarta”.


Kontak untuk wawancara:
Rinenggo Siwi               Koordinator Lomba Mulung Ciliwung dari KPC Bogor, telepon 0821 251 527 04 atau e-mail: rinenggo.siwi@gmail.com 
Daud Nedo Darenoh    Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, telepon 0813 164 994 94 atau email: dara.ayomi@yahoo.com

Kontak untuk permintaan foto:
Sheila Kartika – telepon 0856 887 1996 atau sheila@telapak.org


CATATAN EDITOR:
  • ·      Sungai Ciliwung mengalir sepanjang 119 kilometer dari wilayah hulu di Cagar Alam Telaga Warna (Puncak) hingga bermuara di Teluk Jakarta.  Aliran sungai ini melintasi wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok dan Provinsi DKI Jakarta.
  • ·      Lomba Mulung Sampah di Ciliwung Antar Kelurahan se-Kota Bogor tahun 2012 diikuti oleh 12 kelurahan di sepanjang aliran Sungai Ciliwung, yaitu: Sindangrasa, Katulampa, Tajur, Sukasari, Baranangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Bantarjati, Tanah Sareal, Cibuluh, Kedung Badak dan Kedung Halang.  Pemenang lomba akan mendapatkan Piala Bergilir Walikota Bogor dan hadiah berupa uang tunai.
  • ·      Terdapat tiga kriteria penilaian lomba mulung Ciliwung ini, yaitu: (1) jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan, (2) jumlah warga yang mengikuti lomba, dan (3) dukungan dan kreativitas warga selama lomba berlangsung.
  • ·      Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor adalah sebuah komunitas warga yang peduli kebersihan dan kelestarian Sungai Ciliwung.  Komunitas ini berbasis di Kota Bogor.  Informasi lebih lanjut mengenai aktivitas KPC Bogor dapat diakses pada weblog di alamat http://tjiliwoeng.blogspot.com

Previous
Next Post »