Ikan-ikan Buytenzorg dari masa 1906


Ekosistem perairan mengalir yang membelah kawasan Buytenzorg merupakan segmentasi tengah Sungai Ciliwung yang cukup banyak menyimpan keanekaragaman spesies ikan. Dari hasil koleksi Dr. Douglas Houghton Campbell (Professor Botani dari Stanford University) dalam kunjungan musim panasnya ke Buytenzorg pada tahun 1906, setidaknya tercatat sebanyak 24 spesies ikan-ikan penghuni perairan mengalir tersebut. Bahkan, diantara ikan-ikan yang kemudian dideskripsi dan dilaporkan oleh Jordan and Seale (1907) dalam makalahnya yang berjudul “List of Fishes Collected in the River at Buytenzorg, Java, by Dr. Douglas Houghton Campbell” ini terungkap satu spesies baru dari masa tersebut, Glossogobius campbellianus (lihat Tabel).

Dari hasil validasi berdasarkan FISHBASE.ORG, EOL.ORG, serta tambahan informasi lainnya dari beberapa publikasi ilmiah yang ada, banyak diantara spesies-spesies tersebut kini telah mengalami pergantian nama dan klasifikasi, baik pada tingkat famili, genus, bahkan spesies. Berdasarkan validasi ini juga diketahui bahwa spesies baru yang disebutkan Jordan and Seale (1907) di atas adalah spesies yang sama yang telah dideskripsi sebelumnya oleh Bleeker (1875) dengan nama Pseudogobiopsis oligactis.

Informasi menarik lainnya yang diketahui adalah keberadaan ikan Mas (Cyprinus carpio) yang merupakan spesies asing dari kawasan Jepang, Cina, dan Asia Tengah ini ternyata sudah dapat ditemukan di Sungai Ciliwung Buytenzorg sejak tahun tersebut. Namun, spesies asing lainnya seperti halnya ikan bungkreung (Poeciliidae) yang kini banyak ditemukan di Sungai Ciliwung tampak belum terdata. 

24 spesies ikan Buytenzorg 1906 dan validasinya
Dari hasil inventarisasi yang dilakukan KPC sejak tahun 2009 hingga 2011, beberapa spesies yang ada pada masa tersebut tampak sudah tidak dapat/sulit ditemukan lagi di Sungai Ciliwung, seperti halnya Ompok bimaculatus, Lepidocephalichthys hasselti, Puntius orphoides, Cyclocheilichthys apogon, Aplocheilus panchax, Redigobius tambujon, dan Pseudogobiopsis oligactis
[Ruby Vidia Kusumah]   



PUSTAKA
Jordan, D. S. and A. Seale. 1907. List of fishes collected in the river at Buytenzorg, Java, by Dr. Douglas Houghton Campbell. Proceedings of the United States National Museum, 33(1575): 535-543, 2 figs. (File dapat diunduh dari link berikut ini: USNMP-33_1575_1907.pdf)
Previous
Next Post »