Lomba Foto Sungai Ciliwung

Komunitas Peduli Ciliwung (KPC), dengan dukungan Komunitas Fotografi Bogor (KFB) dan International River Foundation (IRF), akan mengadakan lomba foto dengan tema “Hidup Kami di Sungai Ciliwung”.

Lomba foto ini merupakan bagian dari usaha KPC untuk menunjukkan kehidupan, keindahan dan juga kerusakan-kerusakan yang terdapat di lingkungan Sungai Ciliwung. Diharapkan melalui usaha ini orang-orang tergerak hatinya untuk tidak mengeksploitasi secara semena-mena dengan menyadari eksistensi kehidupan di sekitar Sungai Ciliwung.

Foto yang diperlombakan adalah semua kategori/jenis fotografi (human interest, landscape, budaya, detail/makro, jurnalistik, dll) yang diambil dengan setting atau background Sungai Ciliwung.

Kriteria Penilaian

1. Kesesuaian foto dengan tema.
2. Keunikan ide-ide foto.
3. Keindahan grafis dan komposisi.

Penilaian foto selama penjurian akan dilakukan berdasarkan kriteria tersebut.

Ketentuan Lomba

1. Lomba foto terbuka bagi seluruh Warga Negara Indonesia. Kecuali anggota panitia lomba dan keluarganya. (apa warga negara asing juga boleh ikut lomba?)

2. Peserta lomba dapat mengirimkan max 5 foto. Bila secara sengaja atau tidak sengaja jumlah foto yang dikirimkan lebih dari 5 foto, maka panitia akan memilih secara acak 5 foto dari foto-foto yg dikirimkan.

3. Foto dapat dikirimkan via email dalam format soft file jpeg/jpg. High resolution 300 dpi. Kualitas Fine (10). Ukuran file max 5 MB. Ukuran sisi terpanjang foto cukup 3000 pixels, sedangkan sisi terpendek mengikuti komposisi sesuai ide masing-masing peserta.
Contoh : 1600 x 3000 pixels, 3000 x 2000 pixels atau 2500 x 3000 pixels.
Email pengiriman foto : lombafotokpc@gmail.com
Email foto harap di-cc ke : readyshoots@gmail.com
Pengumpulan foto paling lambat tanggal : 9 Juni 2013

4. Format penamaan file : nomer peserta_nama peserta_judul.jpg
Contoh :
Peserta bernama Sony Prabowo dengan nomer urut 10, mengirimkan foto berjudul Pemulung Ciliwung, maka nama file foto-nya : 10_Sony Prabowo_Pemulung Ciliwung.jpg

5. Masing-masing foto merupakan karya tunggal, bukan serial.

6. Kamera yang boleh digunakan :
a. Kamera digital DSLR dan saku.
b. Kamera film SLR dan saku.
c. Kamera smartphone.
d. Kamera lubang jarum.
Note : kamera apa pun yang digunakan, foto yg diserahkan dalam bentuk file foto jpg dgn ukuran sesuai ketentuan nomer 3.

7. Olah digital diperbolehkan sesuai konsep dan kreasi masing-masing peserta, dengan ketentuan :
a. Tidak menambah atau mengurangi unsur-unsur gambar dalam sebuah foto.
b. Tidak menggabungkan dua foto atau lebih.
c. Konversi foto ke hitam putih diperbolehkan.

Catatan untuk ketentuan nomer 6 dan 7 :
Dengan tetap menghargai proses kreasi sebuah foto, proses penilaian tidak akan membedakan jenis kamera dan proses olah digital yang digunakan peserta. Untuk semua foto-foto yang diperlombakan proses penilaian akan menggunakan kriteria yang tertulis di atas.

8. Foto yang dilombakan adalah foto yang diambil antara tanggal 9 Juni 2008 sampai dengan tanggal 9 Juni 2013. Harus bisa dibuktikan pada file EXIF foto yang diperlombakan.

9. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pemotretan menjadi tanggungjawab peserta. Panitia tidak bertanggung jawab terhadap adanya tuntutan pihak lain atas penyertaan, peralatan, lokasi, model dan obyek lainnya dalam foto yang dikirimkan.

10. Penilaian pada saat penjurian akan dilakukan sesuai kriteria penilaian yang tercantum di atas. Penjurian akan dilakukan oleh tim juri KPC & KFB. Sistem penjurian tertutup. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

11. Pada saat penyerahan hadiah para pemenang lomba diwajibkan membawa file asli, menunjukkan KTP yang masih berlaku dan menandatangani surat pernyataan bahwa foto tersebut adalah benar-benar hasil karya yang bersangkutan (surat pernyataan akan disiapkan panitia).

12. Hak cipta tetap berada di pihak peserta lomba. Namun pihak panitia lomba berhak menggunakan karya foto peserta untuk keperluan dokumentasi, pameran, berita dan publikasi lomba.

13. Foto tidak boleh memuat hal-hal yang berbau SARA, pelecehan seksual, kampanye politis atau ideologi terlarang.

14. Para peserta dan pemenang lomba dapat diskualifikasi bila tidak memenuhi salah satu atau beberapa ketentuan-ketentuan lomba di atas.


Pendaftaran

1. Pendaftaran dilakukan melalui SMS ke nomer 08568871996
2. Peserta mengirimkan SMS berisi nama lengkap sesuai KTP atau Kartu Pelajar yang masih berlaku.
3. Setelah mengirimkan SMS peserta akan menerima balasan yang berisi nomer urut peserta lomba.
4. Proses pendaftaran dilakukan tanpa pungutan biaya.


Hadiah
Juara 1 : Rp 1.500.000,-
Juara 2 : Rp 1.000.000,-
Juara 3 : Rp 750.000,-
Online : Rp 500.000,-

KATEGORI ONLINE:
Hadiah: Rp 500.000,-

Keterangan:
1. Setiap foto yang diikutsertakan di lomba ini bisa diikutkan ke kategori online.
2. Pemenang akan ditentukan berdasar jumlah like terbanyak.
3. Untuk mengikuti lomba kategori online, setiap peserta wajib memberikan like untuk Page Tjiliwoeng Dreams (www.facebook.com/KPCBogor) dan follow account twitter @tjiliwoeng. Peserta juga harap mencantumkan nama akun facebook dan Twitter pada email yang dikirimkan ke panitia. (Contoh: www.facebook.com/KPCBogor dan @tjiliwoeng)
4. Setiap foto yang dilombakan akan di-upload oleh panitia di Page Tjiliwoeng Dreams, setelah peserta memberikan like utk Page Tjiliwoeng Dreams dan follow account twitter @tjiliwoeng.
5. Peserta yang menjadi juara 1,2 dan 3 berdasarkan penilaian juri otomatis akan gugur dan tidak dapat menjadi pemenang pada lomba kategori online.

Informasi lain

1. Informasi dan update tentang lomba ini dapat dilihat di :
Blog KPC : http://tjiliwoeng.blogspot.com
Facebook Group KFB : http://facebook.com/groups/komunitasfotografibogor
Facebook Page : Tjiliwoeng Dreams
Twitter : @tjiliwoeng & @readyshoots

2. Batas akhir pengiriman foto tanggal 9 Juni 3013

3. Pengumuman pemenang dan foto-foto pemenang akan dimuat tanggal 16 Juni 2013 di Blog KPC dan Facebook Group KFB.

5. Pemenang akan dihubungi via SMS dan/atau email.

6. Contact person :

Sheila Kartika 08568871996
Ready Hardiyatmoko 081511998222

Previous
Next Post »