KPC Bogor Mempersiapkan Lomba Mulung Sampah Ciliwung Ke-5


Kotahujan.com – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Bogor Ke-531 pada tahun 2013 ini, Komunitas Peduli Ciliwung Bogor bersama dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor kembali menyiapkan lomba mulung sampah ciliwung ke-5. Dalam rapat persiapkan lomba yang dilakukan di ruang rapat Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor beberapa perwakilan KPC Bogor menyampaikan teknis dan konsep lomba.

Rapat persiapan lomba kemaren (Jumat 10/05) dihadiri Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor, Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Setdakot Bogor dan beberapa dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Lingkungan Hidup serta Dinas Pemanfaatan Sumberdaya Air Ciliwung-Cisadane. Dalam rapat persiapan tersebut, Muslich Kordinator lomba mulung ciliwung ke-5 dari KPC Bogor memaparkan teknis dan konsep lomba mulung tahun 2013. Muslich juga menyampaikan bahwa grafik jumlah peserta dan jumlah sampah dari lomba mulung pertama sampai dengan ke-4 terus meningkat. Pada tahun 2012 jumlah peserta lomba yang turun ke sungai ciliwung sebanyak 1.475 orang dan jumlah sampah yang terangkut dari sungai ciliwung sebanyak 2.910 karung. “Target kita lomba mulung tahun ini adalah diikuti oleh 2.000 orang dan 4.000 karung sampah ciliwung yang terkumpulkan pada saat lomba. Kami juga berencana ingin memasukan kegiatan ini kedalam Museum Rekor Indonesia (MURI)” ungkapnya.

M. Azrin Samsyuddin, Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Setdakot Bogor yang juga Ketua Hari Jadi Kota Bogor ke-531 menyatakan mudah-mudahan apa yang dilakukan KPC Bogor ini bisa menjadi virus bagi masyarakat Bogor untuk membersihkan halaman depan rumahnya. Menimbulkan rasa cinta masyarakat terhadap sungai dan sumberdaya airnya. KPC Bogor bisa menggerakan masyarakat Ciliwung dan Cisadane untuk peduli sungai. “Lomba mulung sampah ciliwung ini sebuah kegiatan yang sangat baik untuk mengajak masyarakat kita peduli terhadap sungai ciliwung dan mengajak warga untuk tidak lagi buang sampah ke sungai ciliwung. Seharusnya kegiatan-kegiatan seperti ini tidak dilakukan setiap tahun” ungkapnya. 

Daud Nedo Darenoh, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor menyampaikan bahwa sejak tahun lalu Wali Kota Bogor sudah resmi memasukan kegiatan lomba mulung ciliwung ini kedalam rangkaian kegiatan Hari Jadi Kota Bogor. Keputusan ini menunjukkan komitmen Pemerinta Kota Bogor untuk mengajak warganya peduli terhadap sungai ciliwung. Saat itu Wali Kota Bogor meminta Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bogor bersama KPC Bogor terus melaksanakan kegiatan lomba mulung ciliwung setiap tahunnya. “Kita belajar dari pengalaman lomba mulung sebelumnya. Hasil evaluasi kegiatan tahun lalu menjadi catatan kita untuk mempersiapkan lomba mulung sampah ciliwung ditahun ini. Semoga lomba mulung ciliwung tahun ini akan semakin baik dan banyak warga yang terlibat” ujarnya. 

Seperti tahun lalu, lomba mulung ciliwung tahun ini juga akan melibatkan 12 kelurahan di Kota Bogor yang dilewati aliran sungai ciliwung. 12 Kelurahan tersebut adalah; (1) Kelurahan Tajur, (2) Kelurahan Katulampa, (3) Kelurahan Sindangrasa (4) Kelurahan Sukasari (Sukamulya), (5) Kelurahan Babakan Pasar (Pulo Geulis), (6) Kelurahan Baranangsiang (Jalan Riau), (7) Kelurahan Sempur (Lebak Kantin-Kampung Rambutan), (8) Kelurahan Bantarjati (Pasar Warung Jambu), (9) Kelurahan Tanah Sareal (10) Kelurahan Kedung Badak (Perumahan Kedung Badak Baru), (11) Kelurahan Cibuluh, dan (12) Kelurahan Kedung Halang (Pangkalan II). (EN)

Sumber: http://www.kotahujan.com/kpc-bogor-mempersiapkan-lomba-mulung-sampah-ciliwung-ke-5/
Previous
Next Post »