Prihatin Dengan Kondisi Ciliwung, Tirta Pakuan Dukung Lomba Mulung Ciliwung


Sungai Ciliwung yang mengalir sepanjang 117 Km dari Kawasan Puncak sampai Jakarta saat ini masih tetap membutuhkan perhatian masyarkat luas. Terlebih saat ini sampah yang ada di Sungai Ciliwung menjadi permasalahan yang cukup serius untuk segera ditangani. Beberapa pihak ataupun lembaga sudah mulai memberikan perhatian terhadap kelestarian Sungai Ciliwung. Salah satunya adalah PDAM Kota Bogor Tirta Pakuan. Tahun ini Tirta Pakuan masih mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh sebuah komunitas peduli ciliwung di Kota Bogor, yaitu Lomba Mulung Sampah Ciliwung Antar Kelurahan Se-Kota Bogor.

Pada tahun 2009, disaat kegiatan pertama lomba mulung sampah ciliwung diadakan, PDAM Tirta Pakuan sudah menyambut baik kegiatan ini. Dr Yudi Santoso dari Unit Bina Mitra Pakuan Tirta menyatakan bahwa PDAM Tirta Pakuan punya komitmen untuk selalu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Komunitas Peduli Ciliwung. Hal ini dilakukan karena PDAM Tirta Pakuan juga ingin mengajak masyarakat mulai memperhatikan sungai-sungai yang ada di Kota Bogor yang kondisinya saat ini sudah terlalu banyak sampah. "Apalagi sejak tahun lalu, lomba mulung sampah ciliwung ini oleh Wali Kota Bogor sudah dijadikan agenda resmi Pemerintah Bogor. Tidak ada alasan kami tidak mendukung kegiatan yang tujuannya sangat baik ini" ungkap Yudi disaat ditemui di kantor PDAM Tirta Pakuan senin lalu (20/05).

Muhammad Muslich selaku Koordinator Lomba Mulung Sampah Ciliwung ke-5, menyambut baik dukungan PDAM Tirta Pakuan. "Saya mewakili Komunitas Peduli Ciliwung Bogor, mengucapkan terima kasih atas konsistennya PDAM Tirta Pakuan dalam mendukung kegiatan lomba mulung sampah ciliwung yang ke-5 ini. Tentunya kami berharap institusi atau perusahaan lainnya yang ada di Kota Bogor bisa seperti Tirta Pakuan yang memiliki perhatian yang tinggi terhadap Sungai Ciliwung" ujarnya. Muslich melihat perhatian perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Bogor terhadap Sungai Ciliwung masih sangat kurang. Apalagi perusahaan tersebut sangat erat kaitannya dengan penggunaan sumber daya air sungai ataupun keberadaannya berada di sepanjang aliran Sungai Ciliwung. 

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini Komunitas Peduli Ciliwung bersama dengan Pemerintah Kota Bogor sedang mempersiapkan kegiatan Lomba Mulung Sampah Ciliwung Antar Kelurahan ke-5. Lomba mulung sampah ciliwung yang sudah menjadi agenda resmi Pemerintahan Kota Bogor ini akan dilangsungkan pada tanggal 1 Juni 2013. Selain memperebutkan piala bergilir Wali Kota Bogor, kelurahan yang menang juga akan mendapatkan uang tunai. Penyerahan piala dan hadiah akan dilangsungkan di Gedung DPRD Kota Bogor pada saat memperingati puncak Hari Jadi Kota Bogor. (EN) 

Sumber: http://www.kotahujan.com/prihatin-dengan-kondisi-ciliwung-tirta-pakuan-dukung-lomba-mulung-ciliwung/
Previous
Next Post »