Untuk Mensukseskan Lomba Mulung Ciliwung Ke-5, KPC Bogor Bertemu Dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat


Kotahujan.com – Dalam rangka mempersiapkan kegiatan Lomba Mulung Sampah Ciliwung Antar Kelurahan Se-Kota Bogor Ke-5 yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juni 2013 mendatang, Komunitas Peduli Ciliwung Bogor (KPC Bogor) pada hari rabu (22/05) bertolak ke Bandung untuk melakukan udiensi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jadwal yang semulanya bertemu langsung dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan terpaksa didisposisikan kepada Kepala BPLHD Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja karena Gubernur mendadak ada agenda yang harus dihadiri pada waktu yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Setibanya di ruang rapat Kepala BPLHD Provinsi Jawa Barat, perwakilan dari KPC Bogor, Een Irawan Putra menyampaikan presentasi tentang KPC Bogor dan persiapan kegiatan lomba mulung sampah ciliwung yang tinggal 9 hari lagi. Een juga menyampaikan bahwa awalnya dia sangat mengapresiasi Pemerintah Provinsi yang bisa mengagendakan untuk bertemu langsung antara KPC Bogor dengan Gubernur Jawa Barat. Selain bisa menyampaikan tentang persiapan lomba mulung sampah ciliwung, KPC Bogor juga ingin menanyakan sejauh mana komitmen Gubernur Jawa Barat dalam melakukan upaya penyelamatan Sungai Ciliwung selama 5 tahun kepemimpinannya kedepan. KPC Bogor berharap Gubernur Jawa Barat bisa sejalan dan bersinergi dengan Gubernur Jakarta dalam penyelematan Sungai Ciliwung. “Sejak terpilihnya Pak Ahmad Heryawan untuk kedua kalinya sebagai Gubernur Jawa Barat, kami dari KPC Bogor sangat ingin bertemu dengan beliau. Kami ingin menanyakan sejauh mana komitmen beliau terhadap upaya penyelamatan Sungai Ciliwung. Gubernur Jakarta, Pak Jokowi sudah punya komitmen yang tinggi untuk melakukan perbaikan dan penyelamatan Sungai Ciliwung yang ada di Wilayah Jakarta. Seharusnya Gubernur Jawa Barat juga bisa demikian. Kondisi Sungai Ciliwung mulai dari Puncak sampai dengan Depok sangat mengkhawatirkan. Masalah sampah dan pengerukan bantaran sungai sudah semakin parah” ungkap Een. 

Setiawan Wangsaatmaja selaku Kepala BPLHD Provinsi Jawa Barat sangat mengapresiasi aksi-aksi yang sudah dilakukan oleh KPC Bogor bersama dengan komunitas ciliwung yang ada di hulu dan hilir. Menurutnya apa yang sudah dilakukan teman-teman komunitas ciliwung sudah sesuai dengan jalurnya. Setiawan juga menyampaikan bahwa Gubernur Jawa Barat sudah memiliki komitmen untuk pengelolaan Sungai Ciliwung. Gubernur Jawa Barat juga sudah melakukan audiensi di depan para anggota DPR terkait dengan penyelamatan Sungai Ciliwung. Saat ini sedang disiapkan rencana pengelolaan Sungai Ciliwung sampai dengan 2018. “Dalam konsep Strategi Pengelolaan Sungai Ciliwung 2018, akan disepakati secara bersama mulai dari tingkat Menteri, Gubernur, Wali Kota, Bupati, LSM dan Komunitas. Masing-masing dari lembaga atau institusi ini ketika melakukan kegiatan atau proyek sudah harus berpatokan dengan konsep yang sudah disepakati bersama sehingga tidak lagi bekerja sendiri-sendiri” kata Setiawan. 

Dalam pertemuan di Kantor BPLHD Provinsi itu juga Setiawan menyampaikan jika KPC Bogor membutuhkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Barat kepada para Bupati dan Wali Kota terkait dengan upaya untuk mendukung pelestarian Sungai Ciliwung, Setiawan mempersilahkan KPC Bogor membuat draft suratnya dan dikirimkan langsung kepada dirinya. Draft surat tersebut nantinya akan disampaikan langsung kepada Gubernur Jawa Barat untuk ditanda tangani dan diedarkan ke Bupati dan Wali Kota setempat. “BPLHD Provinsi siap memfasilitasi KPC Bogor terkait dengan hal-hal teknis untuk gerakan penyelamatan Sungai Ciliwung” kata Setiawan. 

Setelah bertemu dengan Kepala BPLHD Provinsi Jawa Barat, KPC Bogor memberikan undangan kepada Gubernur Jawa Barat untuk hadir pada kegiatan lomba mulung sampah ciliwung ke-5 yang akan dilakukan disepanjang Sungai Ciliwung yang ada di Kota Bogor. KPC Bogor menargetkan 2000 warga Kota Bogor turun bersama ke Sungai Ciliwung mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. (EN) 

Sumber: http://www.kotahujan.com/untuk-mensukseskan-lomba-mulung-ciliwung-ke-5-kpc-bogor-bertemu-dengan-pemerintah-provinsi-jawa-barat/
Previous
Next Post »