18 Dokter Turun ke Bantaran Sungai Ciliwung



Bogor|Kotahujan.com-Minggu pagi (9/6/2013), Kantor Kelurahan Sempur Bogor mendadak berubah menjadi puskesmas. Petugas medis yang tergabung dalam Paguyuban Dokter Bogor mengisi meja-meja kerja pegawai kelurahan untuk melayani warga yang memeriksakan kesehatan mereka.

Pasalnya, Komunitas Peduli Ciliwung Bogor (KPC Bogor) bekerja sama dengan Badan Sosial Lintas Agama (BASOLIA) dan Paguyuban Dokter Bogor mengadakan Bakti Sosial berupa pengobatan gratis untuk warga bantaran sungai ciliwung di Kota Bogor. Kegiatan ini diadakan di Kantor Kelurahan Sempur mulai pukul 09.00 – 14.00 WIB dengan melibatkan 18 dokter dan 30 relawan serta para medis.

Masyarakat Sempur antusias dengan adanya pengobatan gratis ini. Data yang diperoleh dari panitia bahwa pasien yang datang untuk berobat berjumlah 437 orang. 

Berdasarkan catatan dari resep obat yang diberikan oleh para dokter, penyakit yang paling banyak ditemukan adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yaitu berjumlah 110 orang, Darah tinggi atau Hipertensi berjumlah 76 orang, Maag 70 orang. Selain itu, juga ditemukan beberapa penyakit minor seperti ngilu (sakit kaki), penyakit kulit dan alergi. Satu orang ditemukan mempunyai penyakit jantung bawaan. 

Kondisi lingkungan (sungai) berkaitan erat dengan kesehatan warga sekitar sungai Ciliwung. Berbagai penyakit bersumber pada buruknya sanitasi dan sumber air yang kotor. Pengobatan gratis ini merupakan inisiatif untuk melakukan tindakan pencegahan dan mendeteksi penyakit yang diderita warga sekitar sungai. 

Dr. Yenni Vandalita, dari Paguyuban Dokter Bogor mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tinggal di sekitar sungai Ciliwung. Harapannya masyarakat sadar bahwa kebersihan air sungai erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat itu sendiri. “Melalui kegiatan ini mereka diajak untuk tidak membuang sampah ke sungai, bukan hanya untuk mencegah banjir, namun juga mencegah terjadinya penyakit-penyakit yang berhubungan dengan air”, kata Yenny. 

Koordinator KPC Bogor, Een Irawan Putera mengatakan bahwa kegiatan pengobatan gratis ini merupakan salah satu bentuk kampanye untuk mengajak warga bogor menjaga kebersihan sungai Ciliwung. “Selama ini KPC Bogor dikenal dengan mulung sampah. Kami ingin menggunakan cara-cara lain untuk mengajak masyarakat peduli kelestarian sungai ciliwung, salah satunya dengan pengobatan gratis ini” kata Een. 

Kegiatan bakti sosial yang bertemakan “Ciliwung Bersih, Masyarakat Sehat” ini rencananya akan dilakukan di 12 kelurahan di sepanjang aliran Sungai Ciliwung di Kota Bogor. Diharapkan terciptanya kesadaran masyarakat bahwa menjaga kebersihan sungai artinya menjaga kesehatan masyarakat itu sendiri. 

Penulis: Annas Radin Syarif 
Editor: Een Irawan Putra  

Sumber: http://www.kotahujan.com/18-dokter-turun-ke-bantaran-sungai-ciliwung/
Previous
Next Post »