Peduli Ciliwung Bersama Karyawan Artajasa dan Warga Sempur


Bogor|Kotahujan.com-Tagline Ciliwung Ruksak Hirup Balangsak (Ciliwung rusak hidup sengsara) yang diusung Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Bogor, tampaknya mulai berarti bagi masyarakat. Seperti halnya Artajasa, salah satu unit usaha pembayaran elektronik di Jakarta. Banjir yang sering terjadi di Jakarta mengakibatkan kerugian yang meluas baik secara sosial maupun ekonomi. Ini berpengaruh secara ekonomi/finansial terhadap infrastruktur yang dimiliki Artajasa yang tersebar di Jakarta. Alasan inilah yang kemudian mendorong PT. Artajasa Pembayaran Elektronis menggelar kegiatan bakti Ciliwung di Bogor pada Sabtu (15/6/2013) besok. Sebagai informasi, Artajasa merupakan perusahaan yang bergerak di industri sistem pembayaran dimana salah satu layanan yang dimiliki Artajasa adalah ATM Bersama. Ketika banjir melanda Jakarta medio Januari 2013 lalu, seluruh akses terhambat karena jalanan terkena banjir. Para nasabah perbankan yang tidak dapat melakukan transaksi di jaringan ATM Bersama. Tentunya bencana banjir ini merugikan semua pihak.

Serangkaian kegiatan siap digelar bersama KPC dan warga masyarakat Sempur, seperti mulung sampah, tanam pohon dan melakukan pemantauan kualitas air. Kegiatan ini diwujudkan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dan lingkungan yang merupakan program CSR Artajasa. 

“Kami memilih melakukan kegiatan tersebut dan Ciliwung dipilih karena sungai ini memiliki dampak paling luas ketika musim hujan terhadap banjir yang terjadi di Jakarta. Kami libatkan juga masyarakat sekitar dengan mitra KPC Bogor yang selama ini kegiatannya fokus dalam kepedulian terhadap Sungai Ciliwung,” jelas Yudhi Adhitya, Ketua Tim Panitia “GAPURA” CSR Artajasa. 

Turun bersama ke Ciliwung oleh Artajasa dan KPC dikemas menjadi kegiatan menarik dan ‘fun’. Aktifitas mulung, tanam pohon dan pemantauan kualitas air menjadi berbeda karena Artajasa menyiapkan doorprize menarik untuk warga. Titik kumpul kegiatan dipusatkan di lokasi mesin pencacah plastik KPC. 

Karyawan Artajasa akan berbaur bersama warga di 4 RW Kelurahan Sempur untuk menyukseskan kegiatan ini. Dari kegiatan ini diharapkan akan semakin memupuk rasa kepedulian warga atau masyarakat sekitar sungai ciliwung terhadap pentingnya menjaga kebersihan sungai Ciliwung.

“Harapan kita secara khusus nantinya dapat meningkatkan rasa kepedulian karyawan Artajasa terhadap kebersihan, kapanpun dan dimanapun, serta rasa sosial terhadap warga atau masyarakat sekitar sungai Ciliwung,” tambah Yudhi. Yudhi juga menegaskan bahwa di masa mendatang, dimungkinkan diadakan kegiatan yang lebih bervariasi dan bermanfaat jangka panjang baik terhadap kebersihan sungai Ciliwung maupun terhadap kesejahteraan warga sekitar. 

Sementara itu Koordinator KPC Bogor menyambut positif kegiatan yang akan berlangsung Sabtu besok. Menurutnya siapapun bisa mengekspresikan kepedulian pada Ciliwung dengan berbagai cara, yang terpenting upaya ini harus menjadi kesadaran bukan beban untuk dilakukan. 

“Ini menjadi salah satu upaya lain kita untuk menggerakkan warga Bogor tidak lagi buang sampah ke Ciliwung,” tandas Een Irawan Putra, Koordinator KPC Bogor. Sebelumnya KPC Bogor sukses menggelar Lomba Mulung Sampah Ciliwung dan Bakti Sosial berupa pengobatan gratis untuk warga bantaran Ciliwung. 

Penulis : Anggit Saranta
Previous
Next Post »