Patroli Sungai Hari Jadi Bogor Bogoh ka Bogor, Bogoh Kana CI (Cinta pada Bogor, Cinta juga pada Sungai)


Tak terasa sudah tujuh tahun Mulung di Ciliwung, bukan perjalaan yang pendek untuk sebuah komunitas yang berupaya tidak mendapatkan bantuan secara langsung dalam bentuk apa pun agar kegiatan ini terlepas dari segala hiruk pikuk politik. Pada kesempatan ini, saya yang mewakili KPC menyerahkan buku Enam Tahun Perjalanan berKomunitas pada walikota terpilih yang mengantikan walikota Bogor sebelumnya yaitu Dr Bima Arya (Kang Bima) dan mantan Menteri Perumahan Rakyat Ir Erna Witoelar di depan balai kota. Pada moment ini di saat usia komunitas peduli ciliwung berumur 6 tahun dimana kalau di ibaratkan seorang anak adalah anak yang baru masuk sekolah usia dini. di usia dini ini seolah terpikir oleh ku, kalau aku harus masuk kelas yang lebih tinggi lagi, dalam artian yaitu harus lebih mengembangkan komunitas ini ketahapan yang lebih luas. Dalam artian sungai itu bukan hanya Ciliwung.

Di usianya yang ke 6 tahun seolah alam sudah memberi isarat tampa sadar saya yang berkesmpatan menyerahkan buku perjalanan komunitas. Saya menyampaikan pada pak Walikota bahwasannya sungai itu bukan hanya ciliwung yang ada di Bogor, Begitupun Bogor bukan hanya kota ada kabupatenya, seharusnya kegiatan positif yang telah kami inisiasi ini sudah saatnya di lakukan di semuasungai sehinggasungai yang notabene merupakan sumber kehidupan tidak rusak dan di rusak lagi.


Mungkin kini sudah saatnya saya mengembangkan disaat usia komunitas peduli ciliwung sudah 7 tahun, dengan cara voluntery yang di imbangi dengan kemandirian ekonomi wira usaha, sehingga tidak melulu mengandalkan dana bantuan program. Artinya jika komunitas lebih mandiri serta memiliki unit usaha akan lebih solid serta akan berkegiatan setiap hari di sungai.

Bicara kemandirian ekonomi seperti apa yang akan saya awali lagi dari Nol, seperti halnya pada saat mengawali kegiatan action rutin setiap minggunya di Ciliwung kota Bogor dengan Ber KPC?



Nah ini yang akan kami  lakukan bersama Armada pasukan Tim Patroli Sungai #RiverPatrol #CiliwungRanger #ParaPerintis #tTerminalBenih #345PointAdvanture #ActionKreative #CiliwungInstitute #CisadaneInstitute serta Action lainnya.

 Jika kami mandiri,kami yakin kebrsamaan , kekeluargaan asah asih akan terpatri di sanubari kami sebagai satu ekosistem antara alam dan kehidupan bersosial.



Tentunya membagun sebuah usaha itu tidak mudah seperti halnya membalikan telapak tangan. Semua pasti butuh proses sehingga manis pahitnya kita membangun akan sama-sama kita rasakan. Jika nantinya ada claim maupun ada tiupan angin kita akan kembali melihat JAS MERAH (jangan sekali melupakan sejarah) sehingga pahit asam manisnya yang kita bagun atas asas kekeluargaan akan menjadi cerita hingga di anak cucu kita.

Mari bantu kami dari Nol menjadi Satu. #PatroliSungaiTerminalBenihEcoEduWisataBojonggede.



   
Previous
Next Post »