Melawan Tidak harus Koar-Koar- River Patrol Ciaruten



River patrol 2juni2015 di sungai Ciaruteun mendapati sebaran sampah di sungai. selain mendapati sampah tim armada #PatroliSungai juga menyempatkan mancing di sungai Ciaruteun.

Memancing butuh kesabaran seperti halnya kita harus sabar jika mau melawan apa yang terjadi terhadap kondisi sungai-sungai kita.

Melawan dalam artian tidak perlu berkoar-koar adalah bentuk perlawanan kami dalam berkomunitas, berkelompok. Melawan dalam artian ini cukup kita melakukan atau di sebut dengan istilah Action langsung.

Jangan sampai kita menunggu pohon yang terakhir baru kita akan menanam. sungai yang kering baru kita akan berbuat untuk sungai. Ikan terakhir di tangkap baru kita akan ngomong melestarikan ikan. Baru kita sadar bahwasannya uang dan jabatan tak ada artinya atau kita makan.



Semua butuh uang sobat (sekolahbantaransungai), tapi uang bukan segalanya kalau semua sudah berakhir atau mulai krisis.

Sungai Ciaruteun masih memiliki potensi untuk kita selamatkan, sungai ciaruteun merupakan anak sungai Cianten Cisadane.
Di sungai cianteun dari hasil mancing Tim Armada patroli sungai masih kita dapati lokalitas ikan, ikan lokal seperti lele lokal, beuter atau wader, mujair, sepat dan belut, sedangkan yang lain merupakan ikan introduksi seperti gabus, nila.

Demi melestarikan ikan lelel lokal Tim patroli sungai membiarkan lele lokal hidup, namun untuk di budidayakan supaya tidak punah, nantinya juga akan kita lepaskan ke sungai kembali. Namun dalam pelepasanya tentunya kita juga membutuhkan biaya untuk perawatan dan pelepasannya. kalau para sobat atau kawan-kawan disini ada yang tertarik melepaskan ikan lele lokal segera kontak kami.


Apa lagi yang perlu kita perbuat untuk sungai? jika ada usulan serta saran mohon sekiranya bersedia mengkontak kami Tim Armada Patroli sungai #RiverPatrol.

Biaya-biaya yang kami maksud di atas merupakan biaya untuk perawatan serta sosialisasi ke masyarakat luas sehingga, masyarakat turut serta dalam melestarikan lokalitas ikan Ciaruteun.

Adapun Tim Armada Patroli sungai hanya segelintir orang gila yang gila melestarikan sungai-sungai dan ekosistem di sungai.



Selain Berpatroli kita juga melibatkan masyarakat dalam pembibitan ikan, pembibitan pohon lokal dengan harapan menambah perekonomian di tingkat masyarakat petani pingiran sungai. serta kegiatan yang bisa menghasilkan perekonomian bagi masyarakat yang menjaga sungai.
Sungai untuk petani, petani butuh air sungai. mari kita sama-sama ikut serta menyuarakan pada petani menguarangi pemakaian pertisida, supaya sungai kita tidak tercemar oleh pertisida.

Cek juga disini http://jernihairsungaicisadane.blogspot.com/
Previous
Next Post »