Press release: Warga Bogor Berharap Pemkot Dukung Bersih Sampah Ciliwung

Bogor, 21 Agustus 2009 – Setelah ratusan warga Bogor sukses melakukan aksi pembersihan Sungai Ciliwung memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-64. Hari ini Wakil Walikota Bogor Ahmad Rukyat menyerahkan piala dan hadiah kepada kelurahan yang paling banyak mengumpulkan sampah Ciliwung. Aksi mulung sampah yang dikemas kompetisi antar kelurahan itu memperebutkan piala bergilir Walikota Bogor.

Pemerintah Kota Bogor dan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) resmi menutup penyelenggaraan Kompetisi Bersih Ciliwung di Kelurahan Sempur. Penutupan kompetisi ditandai dengan penganugerahan Piala Bergilir Walikota Bogor dan penyerahan hadiah kepada para pemenangnya. Hadir dalam penutupan tersebut Wakil Walikota Bogor Ahmad Ru’yat untuk menyerahkan hadiah dan penghargaan.

Kehadiran Walikota Bogor dalam acara ini menunjukkan niat baik Pemkot Bogor untuk mendukung kepedulian warga dalam menjaga kebersihan Sungai Ciliwung. Ratusan warga Bogor yang dengan antusias mengikuti Kompetisi Bersih Ciliwung memang perlu mendapat perhatian khusus dari pemerintahnya. Ciliwung bersih hanya akan menjadi harapan kosong tanpa adanya dukungan penuh dari warga dan Pemerintah Kota Bogor.

Koordinator Kompetisi Bersih Ciliwung dari KPC, Een Irawan Putra mengungkapkan, “Warga di bantaran Ciliwung sebenarnya sangat berharap adanya keseriusan jajaran Pemkot untuk mendukung upaya membersihkan dari tumpukan sampah”.

Setelah melalui penilaian oleh panitia, akhirnya Kelurahan Sempur dinyatakan sebagai juara pertama dalam Kompetisi Bersih Ciliwung ini. Kemenangan ini disambut gembira oleh warga Sempur tak terkecuali Lurah Sempur, Hj. Yeti Sumiati.

“Saya bangga dengan kekompakan dan kepedulian warga akan kebersihan Ciliwung”, ungkap Bu Lurah berseri-seri. Partisipasi warga menjadi poin yang cukup menggembirakan dalam kompetisi ini.

Inisiasi lomba yang dilakukan KPC sebenarnya adalah upaya merangsang partisipasi warga untuk kembali peduli pada Ciliwung. Fakta unik yang mempertegas hal itu adalah lokasi penganugerahan yang sengaja dilakukan di tepi Sungai Ciliwung, yaitu di dekat lapangan volley RW 06 (Jembatan Harupat) Kelurahan Sempur Kecamatan Bogor Tengah.

KPC berharap kompetisi ini dapat mengawali keseriusan upaya pemerintah dan seluruh warga Bogor untuk membersihan sungai-sungai yang melintasi kota Bogor. Rutinitas bersih sungai diharapkan dapat dilakukan di setiap kelurahan.

“Kami membersihkan sungai setiap hari minggu, Korem melakukannya setiap hari Jum’at, tentunya sangat baik jika setiap kelurahan juga melakukan hal serupa”, pungkas Een.


CATATAN UNTUK EDITOR:

  • Sungai Ciliwung mengalir sepanjang 119 km dari wilayah hulunya di Cagar Alam Telaga Warna (Puncak) hingga bermuara di Teluk Jakarta. Aliran sungai ini melintasi wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Propinsi DKI Jakarta.
  • Sepuluh kelurahan yang menjadi peserta Kompetisi Bersih Ciliwung ini adalah Kelurahan Katulampa, Kelurahan Sukasari, Kelurahan Babakan Pasar, Kelurahan Baranangsiang, Kelurahan Sempur, Kelurahan Bantarjati, Kelurahan Tanah Sareal, Kelurahan Kedung Badak, Kelurahan Sukaresmi, dan Kelurahan Kedung Halang
  • Penilaian dalam kompetisi ini dilakukan dengan tiga kriteria, yaitu (1) jumlah karung sampah berukuran 25 kg yang dikumpulkan, (2) keterwakilan warga di setiap kelurahan (RT), dan (3) dukungan dari warga masyarakat di setiap kelurahan (moril dan materiil) serta kreatifitas warga.
  • Kompetisi ini dimenangkan oleh Kelurahan Sempur sebagai juara pertama, Kelurahan Kedung Badak sebagai juara kedua, dan Kelurahan Kedung Halang sebagai juara ketiga.
  • Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) adalah sebuah komunitas warga yang peduli terhadap kebersihan dan kelestarian Sungai Ciliwung. Komunitas ini berbasis di Bogor. Informasi lebih detil tentang kompetisi dan komunitas ini dapat diperoleh di situs web www.tjiliwoeng.co.cc

CONTACT PERSON

  • Een Irawan Putra, Koordinator Kompetisi Bersih Ciliwung, mobile phone: 0815 975 3580, e-mail: irawanputra@gmail.com
  • Anggit Saranta, media kontak, mobile phone: 081388227270, e-mail: anggitworld@gmail.com


Previous
Next Post »

1 Komentar:

Click here for Komentar
non
admin
21 Agustus 2009 18.20 ×

selamat bagi kelurahan sempur yang jadi juara kopetition tjiliwoeng dan terimakasih atas dukungan pemerintah bogor di tunggu tahun depan.

salam kikuk

Congrats bro non you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar