Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Wujudkan komitmen untuk membuat Sungai Ciliwung di Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Warga Bogor tidak Buang Sampah lagi ke Sungai CIliwung
Satukan Gerak Langkah Warga - Ciliwung

Lokasi Kegiatan dan Acara:

Lapangan Lebak Kantin

SEMPUR - BOGOR

Minggu 14 Maret 2010
Semangat Pantang KenduRRR
oleh Anak Peri pada 28 Oktober 2009

Biar saja keadaan Ciliwung sekarang ini menjadi musuh bersama, karena mungkin hanya itulah cara untuk menjaga semangat tetap hot dan tindakan tetap seirama untuk memerdekakan diri bersama-sama. Ciliwung bersih akan menjadi budaya. Budaya yang memerdekakan orang beserta keturunannya dari bencana dan nasib buruk lainnya. Mari Merdeka ....

Logo komunitas Peduli Ciliwung
KompetiSi CiliwunG BersiH
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juli - 25 - 2009

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-64, sejumlah warga Bogor yang tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) akan menyelenggarakan kegiatan pembersihan sampah Ciliwung di Kota Bogor. Kegiatan ini berjudul Kompetisi Pemulungan Sampah Ciliwung Antar Kelurahan dengan tema “Ciliwung Bersih, Warga Merdeka”. ...

Ciliwung Bersih Warga Merdeka
Tjiliwoeng ber-Gojang
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juni - 2 - 2009

“Ayoo Mang … jangan malu2. Kang Dadaaang … paling cakep, hayu goyang bareng saya. Jangan lupa mari kita goyang untuk Ciliwung tercinta …”

Orkes Melayu Gerobak Dorong
Impian Anda dan Kami
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 31 - 2009

'Sungai yang indah, berair bening dan sejuk bukanlah hal tidak bisa didapatkan'. Apalagi jika dihias pepohonan rindang dan pokok bambu di tepiannya. Bukankah ini mimpi yang kita dambakan ? ...

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
Selamat Hari Air Sedunia
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 22 - 2009

Sungguh indah bisa meluangkan waktu, walau hanya beberapa saat, mengotori diri kita dari pagi hingga siang. Hanya ini lah yang dapat kami lakukan, melihat yang terjadi dan mencoba turut menganyunkan lengan, membuka jemari kita, dan meraih apa yang telah kita buang tuk tempatkan kembali ke tempatnya dengan baik.

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
AKSI Pertama - Bersih Ciliwung
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 15 - 2009

Pada hari minggu 15 Maret 2009, kita telah turun membersihkan Sungai Ciliwung di beberapa titik. Acara dimulai dari jam 06:30 s/d 13:00 WIB, di sekitar lapangan sempur. Aksi bersih dan mulung sampah Ciliwung ini di dihadiri oleh lebih kurang 80 orang, yang terdiri atas bebrapa kelompok, tersebutlah Komunitas Kampoeng Bogor, Telapak, Gekko, Lawalata, Forest Watch Indonesia dan teman-teman dari TN Gunung Gede Pangrango dan kawan dari Kebun Raya Bogor. Sukes untuk kita semua, ....

Ciliwung Rusak - Hirup Balangsak
TJILIWOENG DREAMS
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Feb - 22 - 2009

wadah bagi upaya Mewujudkan Mimpi-Mimpi Warga tentang Sungai Ciliwung. Mimpi akan sungai yang indah, berair bening dan sejuk. Dihias rindang pepohonan dan pokok bambu di tepiannya. Ditingkah aktivitas warga yang memancing ikan, mandi dan mencuci. Tanpa tumpukan sampah kotor dan limpahan air coklat penyebab banjir di hilirnya

About Tjiliwoeng Dreams
Dari Katulampa hingga Pasar Bogor
Posted by Tjiliwoeng Dreams On March - 3 - 2009

Beberapa waktu lalu saya iseng2 mencoba menyusuri Ciliwung dari Katulampa sampai Pasar Bogor. Sebelumnya saya pernah bermimpi tentang Tjiliwoeng Tempo Doeloe yang asri, indah, airnya bening, banyak anak kecil yang mandi dan bermain di sungai, serta ibu2 yang asik mencuci pakaian di tepiannya. Penyusuran yang saya lakukan kali ini bukanlah mimpi, namun kenyataan sesungguhnya yang saya temukan. Tujuan saya kala itu hanya satu, ingin tahu darimana asal tumpukan sampah di Ciliwung (Kota Bogor) dan apa penyebab sulitnya memancing ikan di sana.

Debit air dari Bendungan Katulampa
Susur Ciliwung ... Asik
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Jan - 28 - 2009

Untuk kesekian kalinya saya bersama segerombolan kecil teman2 (tanpa nama) kembali turun kali Ciliwung. Masih dengan semangat membara menuju Ciliwung baik dan bersih, walau harus dilakukan sendiri. Kami memotret lokasi2 penumpukan sampahdi sepanjang Ciliwung dan sekaligus mencoba memetakannya secara sederhana. Tidak muluk2, hanya di seputar kota Bogor. Dari bendungan Katulampa, hingga ke perbatasan dengan Cilebut.

Ngapain tuh mbuntutin orang ...

Mbah Tjiliwoeng Ngamoek

Pengirim heulang jawa On Jumat, Februari 12, 2010
"Mbah Tjiliwoeng ngamuk ... serius ini ... ngamuukk!!" pesan bertubi2 datang di telepon genggam. Belum lagi beberapa temen yang pada ribut di telinga. Kontan aku lompat, beres2 komputer dan langsung meluncur ... lho? Meluncur ke mana? Setelah sedikit mikir, akhirnya ketemu juga jawabannya. Tujuan pertama adalah Saung Tepian Ciliwung di Jl. Sempur Kaler Kav 111. Mudah2an sekretariat KPC ini gak cilaka. Begitu nyampe ... alhamdulillah ternyata masih aman2 aja sekretariat kita.

Ehh tapi gimana kabar lokasi2 mulung KPC yaa?
Akhirnya dengan ditemani Kapiten de Kikuk, Biksu Tong dan 2 kru Kotahujan.com aku pun mulai menelusuri bantaran Ciliwung ke hilir. Soale ngeri juga karena sepanjang Lebak Kantin air Ciliwung seperti gelombang besar, tinggi sekali hampir ke jalan, dan bergemuruh hebat.


Berikut hasil laporan pandangan mata tim buser air bah KPC:
  • Kampung Rambutan: kondisi Ciliwung mirip dengan Lebak Kantin. Airnya ngeriiii ....
  • Lebak Pilar, Bantarjati Bawah, Bendungan Cibagoloh: wiiih tambah ngeri airnya. Lampu mati, warga pada keluar rumah. Satu rumah di tepi Ciliwung hancur, rata dengan tanah. Kolam2 pancing pada bubar semua diterjang air bah.
  • Pabaton: air bah sempat memenuhi jembatan Pabaton dan membawa sampah anakonda dsb serta lumpur. Akhirnya sebuah gudang toko bangunan juga hancur. Lumpur memenuhi lembah itu.
  • Pasar Warung Jambu: paraaaahhh ... pelataran parkir di belakang Mal Jambu Dua dipenuhi lumpur, apalagi daerah pasar di seberang jembatan. Pedagang2 di pasar pada ngamuk akibat permintaan mereka ke Pemkot utk bangun tembok penghalang banjir gak dipenuhi. Walhasil pasar jadi seperti sawah yang penuh lumpur.
  • Kedung Halang - Perumahan Graha Indah: saluran air di tepi jalan jebol diterjang air bah. Jalanan di tepi Ciliwung dipenuhi lumpur setebal 20 cm. Rumah2 warga di tepi jalan juga terkena lumpur. Eduuun!!!
  • Kedung Halang - Pangkalan 1: parah bangeet. Jalanan dipenuhi lumpur tebal. Sebuah rumah di tepi sungai hancur. Intake PDAM Kabupaten Bogor jadi ikut rusak diterjang air bah.
  • Kedung Halang - Pangkalan 2: ampuuun banget parahnya!!! Enam rumah hancur. Tembok SDN Kedung Halang V roboh. Halaman SD dipenuhi lumpur. Air terjun kecil di lokasi mulung KPC telah hilang. Air sungai rata bergelombang dan mengalir deras ke hilir.
Gile bener emang. Tapi mau bilang apa lha wong ini bencana. Walau bencana ini pastinya disebabkan karena ulah manusia2 juga di wilayah hulu dan sepanjang bantaran sungai. Hulu sungai sudah banyak berubah fungsi. Daerah tangkapan air berubah jadi villa dan kebun teh. Sementara tepi sungai di Bogor sendiri juga pada berubah jadi real estate. .... hhhh (geram) manusia2 lain akhirnya harus menanggung akibatnya.

????


Lipoetan Berita:

Berita Terkait:




Tags : , , ,
| edit post Print this post Bookmark and Share

2 Response to "Mbah Tjiliwoeng Ngamoek"

  1. Anonim Said,

    Iya Om bener, Mbah ngamoek!!! kata warga lebih besar dari beberapa tahun sebelumnya. NGERI!!!. status Katulampa siaga 1 waktu di telpon jam 18.45 WIB. Percepatan kedatangan banjirnya juga semakin cepat. 15 tahun sebelum 2002, 2002, 2006, 2010. tahun 2006 dan 2010 terjadi di bulan Februari. memang tata ruang di hulu perlu segera dibenahi dan ditanami. Pedagang pasar warung jambu ngamuk karna pemerintah setempat tidak menghiraukan proposal yang diajukan mereka untuk membangun tanggul penghadang banjir. Alhasil dagangan mereka porak poranda dan dipenuhi lumpur. berita baiknya, kita dapat banyak jenis ikan dari ciliwung om. Pagi ini hari dapt ikan sili... wah...wah...wah...!!!

    SALAM PENYELAMATAN MBAH TJILIWOENG n SUNGAI2 LAINNYA....

    RUBY

     

  2. Anonim Said,

    Orang bijak bilang, selalu ada hikmah dalam setiap musibah. Walau kadang tidak setiap orang bisa memahaminya. Mungkin sungai Ciliwung perlu diruwat?

    (Hardjo Pamungkas)

     

    Entri Populer

    Komoenitas Pedoeli Tjiliwoeng


    Saoeng Tepijan Soengaij Tjiliwoeng,
    Jalan Sempur Kaler No. 62,

    Kelurahan Sempur, Bogor

    Tel.0856 123 52 98

    +++ e-mail: tjiliwoeng@gmail.com

    +++
    kontak:

    • Sutisna Rey (0857-78431841),
    • M Muslich (0813-82134648),
    • Een Irawan Putra (0813-88014414),
    TopBottom