Harapan Anak Bangsa terhadap Sungai


Catatan singkat perayaan Selamatkan Sungai dan DAS Ciliwung 2010


PETISI DARI ANAK BANGSA


Seremonial
Itulah kesan yang pernama kali ditangkap oleh kawan's komunitas. Meskipun begitu, perayaan "Selamatkan Sungai dan DAS Ciliwung 2010" sukses dilakukan karena banyak dihadiri oleh peserta dari berbagai dinas dan instansi pemerintah, masyarakat, pelajar dan mahasiswa serta komunitas peduli lingkungan di Bogor dan sekitarnya. Selain itu acara tersebut dimeriahkan oleh Dede Yusup (Wagub Jabar), Terre (anggota DPR RI) dan Miss Indonesia serta pejabat pemerintah lainnya. Acara ini diusung oleh Baladkuring dan BPLHD (Badan Pengendalian Lingkungan Hidup Daerah) Bandung berkolaborasi dengan komunitas peduli lingkungan hidup di Kota Bogor dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni.

Rangkaian program acara tersebut diantaranya;
1. Pemberian penghargaan kepada individu maupun organisasi yang sudah berkontribusi dalam upaya penyelamatan lingkungan hidup.
2. Pembacaan Petisi oleh siswa sekolah.
3. Aksi mulung sampah di Sungai Ciliwung.
4. Biomonitoring kualitas air sungai + presentasi.
5. Penanaman Pohon disekitar bantaran Sungai Ciliwung.
Kegiatan ini dipusatkan di Cibinong, tepatnya di Kantor PDAM Kab. Bogor. Peserta yag hadir diperkirakan mencapai 500 orang, mereka datang untuk memeriahkan acara tersebut.

Pesan Moral
Meskipun hanya sekedar seremonial, tetapi tidak menghilangkan pesan moral yang disampaikan. Melalui acara ini segenap harapan tertuang dalam sebuah PETISI yang disampaikan oleh generasi penerus bangsa dihadapan para pejabat tinggi pemerintahan.

Petisi ini merupakan bentuk ungkapan jiwa dan sebuah harapan agar bumi beserta isinya tetap terjaga keberadaan dan kelestariannya sehingga bisa dinikmati mereka dikemudian hari. Pesan moral ini disampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya pemerintah Jawa Barat agar terus berupaya secara bersama melestarikan lingkungan tempat kita hidup.

"MARI KITA BERBUAT WALAUPUN HANYA SEDIKIT, KARENA ITU JAUH LEBIH BAIK DARI PADA TIDAK SAMA SEKALI"


Previous
Next Post »