Ngabuburit Di Ciliwung

Ramadhan sudah tiba, sudah saatnya para umat Islam menjalankan kewajibannya untuk berpuasa dan menambah amal ibadahnya.  Sebab bulan ini adalah bulan yang penuh berkah.

Bagi para laskar karung, ramadhan adalah bulan dimana kegiatan mulung terasa agak berbeda.  Bukan ... kegiatan mulung bukan dihentikan.  Sayang rasanya kalau kegiatan mulung ini harus terhenti hanya karena puasa ramadhan.  Kondisi fisik memang melemah, tapi tak berarti kita tidak mampu membersihkan Ciliwung.  Perut memang lapar dan tenggorokan juga kering.  Tapi hal itu semestinya tidak dijadikan alasan untuk menghindar dari tumpukan sampah di Ciliwung.  Bedanya ada pada waktu mulungnya.  Jika pada hari2 biasa mulung dilakukan pagi hari, maka pada bulan puasa ini mulung dilakukan sore hari, selepas waktu Ashar.  Aksi mulung kemudian diakhiri saat menjelang berbuka puasa atau menjelang waktu Maghrib.

Dalam bulan puasa tahun ini, diperkirakan kita akan memiliki sekitar 4 kali aktivitas mulung.  Dari hasil urun-rembug sesama laskar karung dan konsultasi dengan Mbah Tjiliwoeng, maka aksi mulung ini akan dipusatkan di 4 titik di Kelurahan Sempur saja.  Alasan utamanya karena kemudahan akses menuju lokasi.  Berikut adalah lokasi dan tanggal aksi mulung selama bulan puasa tahun ini:
SEMPUR (JEMBATAN JALAK HARUPAT), Sabtu, 14 Agustus 2010
SEMPUR (JEMBATAN LEBAK KANTIN), Sabtu, 21 Agustus 2010
SEMPUR (JEMBATAN KAMPUNG RAMBUTAN), Sabtu, 28 Agustus 2010
SEMPUR (JEMBATAN LEBAK PILAR) Sabtu, 4 September 2010
    Aksi mulung ini bisa juga dianggap sebagai kegiatan "ngabuburit", sebuah budaya di Bogor untuk menunggu datangnya saat berbuka puasa.  Ngabuburit kali ini bukan sambil jalan2 sore dan beli makanan utk buka puasa, tapi ngabuburitnya di Sungai Ciliwung sambil membersihkan sampah2 yang menumpuk di sana.

    Jadi ... jangan lupa diingat2 lokasi2 mulung di atas, dan waktunya adalah pukul 15.30 - menjelang buka puasa (Maghrib)!!

    Selamat berpuasa ... dan selamat membersihkan Ciliwung, semoga berkah ... amiiin!!!



    terima kasih buat Oom Aleco buat editnya, dan buat Oom Ejhon utk sumber fotonya.
    Previous
    Next Post »