FUNDRISING “Help Save The Ciliwung River – Indonesia”

SIARAN PERS/PRESS RELEASE
University of Queensland Indonesian Student Association (UQISA)
Brisbane, Queensland, Australia
Website: www.uqisa.org


Brisbane, 25 September 2011 – Jauh dari tanah air bukan berarti menyurutkan semangat kepedulian pemuda-pemudi bangsa untuk Indonesia. Bertepatan dengan World Rivers Day pada hari minggu 25 September yang lalu, University of Queensland Indonesian Student Association (UQISA) bekerja sama dengan International Water Centre (IWC) dalam melaksanakan acara fundraising bertajuk “Help Save The Ciliwung River Indonesia”. Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian mahasiswa Indonesia yang berkuliah di Australia, terutama di wilayah Brisbane dan sekitarnya, terhadap kondisi Sungai Ciliwung yang cukup memprihatinkan.

Sebelum acara tersebut diselenggarakan, IWC telah membuka sumbangan online untuk restorasi sungai Ciliwung dan beberapa sungai lainnya. Sumbangan untuk Sungai Ciliwung sempat menduduki posisi teratas sebagai top fundraiser selama lebih dari seminggu di website International River Foundation. Fundraising untuk Sungai Ciliwung ini bermula ketika perwakilan dari IWC berkunjung ke Indonesia dan bertemu langsung dengan Kelompok Peduli Ciliwung (KPC) yang sedang membersihkan Sungai Ciliwung pada awal tahun 2011 lalu.

Acara yang diadakan di University of Queensland (UQ) itu berlangsung meriah dengan hadirnya Tim Saman dan Angklung yang memukau penonton baik dari Indonesia maupun penduduk lokal Brisbane. Lelang kain batik, tenun ikat, dan wayang kulit berhasil mengumpulkan AU$ 900.00, melengkapi dana online yang terkumpul sebelumnya. Total dana yang terkumpul adalah sekitar AU$ 1,733.70 atau sekitar Rp. 15.154.177,00. Melalui IWC, dana ini nantinya akan diberikan kepada KPC yang rutin membersihkan Sungai Ciliwung dan memberikan pendidikan pada penduduk sekitar Sungai Ciliwung tentang pentingnya merawat sungai tersebut.

Yang paling menarik dari kegiatan ini adalah banyaknya hal yang tersampaikan dalam satu waktu fundraising yang singkat. Dalam acara yang berlangsung kurang lebih 3 jam, UQISA berhasil menggalang dana belasan juta rupiah untuk Sungai Ciliwung, membangun citra kerja sama yang baik dengan IWC, memperkenalkan budaya Indonesia melalui penampilan Tari Saman, Angklung, dan lelang karya seni khas Indonesia, serta mempromosikan makanan Indonesia yang disediakan ketika makan siang.

Darmawan, Presiden UQISA (ahmad.atmo@gmail.com)

Previous
Next Post »

2 Komentar

Click here for Komentar
Moes Jum
admin
17 Oktober 2011 09.52 ×

top markotop deh buat temen2 Indonesia di Queensland!! Semoga hasil fund raising ini bisa berkah buat Ciliwung dan semua manusia yg bergantung padanya ...

Reply
avatar
18 Oktober 2011 16.42 ×

semoga kalau pulang ke Indo Teman2 Queensland Juga bisa mengamalkan ilmunya demi sungai di Indo yang lain

Reply
avatar