Sukseskan Lomba Mulung ke-3



Makin rame makin asyik. Ciliwung di Kota Bogor bisa bersih selama satu hari

Tak terasa saat ini KPC sudah musti mengadakan Lomba Mulung antar Kelurahan se-Kota Bogor yang ke-3. Masih ingat betul dua tahun lalu (2009) diruangan tamu Wali Kota Bogor, KPC melakukan audiensi didepan perwakilan Wali Kota Bogor yaitu Sekda dan beberapa staff Wali Kota Bogor. KPC meminta adanya sebuah kegiatan besar yang rutin dilakukan setiap tahun di Sungai Ciliwung. Kegiatan yang melibatkan ribuan warga Kota Bogor.

Wali Kota menyetujui dan mendukung gagasan yang diusung oleh KPC. Ide melibatkan ribuan warga Kota Bogor untuk turun ke Sungai Ciliwung yang melintasi Kota Bogor dikemas dalam bentuk sebuah kompetisi atau lomba. Lomba ini adalah lomba mulung sampah an organik yang ada di Sungai Ciliwung yang dilakukan warga Kota Bogor melalui perwakilan Kelurahan-nya masing-masing. Sebuah kegiatan yang sebenarnya dilakukan oleh KPC setiap minggunya, yaitu memulung sampah, memasukkannya kedalam karung dan mengeluarkannya dari sungai. Wali Kota Bogor bersedia membuat sebuah trophy bergengsi. Sebuah trophy yang diperebutkan setiap tahunnya.

Pada kompetisi pertama yaitu pada tahun 2009, juara pertama adalah Kelurahan Sempur. Sedangkan pada kompetisi kedua yaitu pada tahun 2010, yang menjadi juara pertama adalah Kelurahan Bantar Jati. Duplikat trophy Wali Kota Bogor saat ini masih dipegang oleh Kelurahan Bantar Jati. Siapakah yang akan menjadi juara pada tahun 2011 ? kita tunggu hasil kompetisi pada hari sabtu besok tanggal 29 Oktober 2011.

Lomba Mulung ke-3 ini KPC mendapat dukungan dari berbagai lembaga yang peduli terhadap Sungai Ciliwung. Beberapa lembaga tersebut antara lain; Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bogor, Bank BNI, The University of Queensland Indonesian Students Associaton, International Water Centre, PDAM Kota Bogor (Tirta Pakuan), KODIM 0606, dan Pusat Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W ) IPB. Sebuah lembaga media lokal di Kota Bogor yaitu KotaHujan.com menjadi media partner dalam kegiatan ini. Kegiatan ini terbuka untuk seluruh warga Kota Bogor. 

Silahkan bergabung untuk menjadi tim juri atau tim penilai pada saat kompetisi berlangsung. Ikuti terus perkembangan informasinya dan persiapan kompetisi ini. Semoga Sungai Ciliwung tidak hanya bersih dalam satu hari, tapi selamanya. 

Salam,
Een Irawan Putra 
Koordinator Kompetisi
Previous
Next Post »

3 Komentar

Click here for Komentar
Moes Jum
admin
24 Oktober 2011 14.51 ×

Kepada warga Bogor di seputaran Ciliwung:

SELAMAT berlomba yaa ... tunjukkan bahwa warga Bogor itu bukan warga yg jorok dan tidak peduli kebersihan sungai.

Reply
avatar
25 Oktober 2011 15.06 ×

Selamat kepada KPC dan warga Bogor.
KPC memang tak ada matinya ya.....! Salu!

Reply
avatar
Berang
admin
26 Oktober 2011 17.01 ×

Sampai dengan sore ini baru 4 kelurahan yang menyatakan siap untuk mengikuti lomba, yaitu Kelurahan Bantar Jati, Kelurahan Kedung Halang, Kelurahan Sempur dan Kelurahan Cibuluh.

Ayo.. bagaimana dengan kelurahan lainnya.. semoga bisa ikut dan meramaikan semangat cinta ciliwung dan peduli ciliwung!

Reply
avatar