Kelurahan Bantar Jati Mempertahankan Trophy Wali Kota Bogor

PRESS RELEASE

Kelurahan Bantar Jati Mempertahankan Trophy Wali Kota Bogor

Bogor, 4 November 2011. Tekad dan semangat warga Kelurahan Bantarjati untuk mempertahankan trophy Wali Kota Bogor patut diancungi jempol. Warga Bantar Jati yang pada tahun lalu memenangi Lomba Mulung Sampah Ciliwung antar Kelurahan se-Kota Bogor Ke-2 bertekad mempertahankan trophy dari Wali Kota Bogor yang sudah mereka dapatkan.


Pada hari sabtu lalu yaitu tanggal 29 Oktober 2011, Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) bersama Pemerintah Kota Bogor mengadakan Kompetisi Pemulungan yang diikuti oleh 11 kelurahan yaitu Katulampa, Tajur, Sindangrasa, Baranangsiang, Babakan Pasar, Sempur, Bantarjati, Tanah Sareal, Kedung Badak, Kedung Halang, dan Cibuluh. 915 warga Kota Bogor turun ke Sungai Ciliwung dalam waktu yang bersamaan untuk mengikuti lomba mulung ini. Sebanyak 1.710 karung sampah berukuran 25 kg berhasil dikumpulkan dan dikeluarkan dari Sungai Ciliwung.

Dari kompetisi tersebut dipilih kelurahan yang menjadi pemenang dengan kriteria penilaian jumlah karung yang terkumpul, partisipasi warga, dan ide kreatifitas serta inovasi warga. Tim juri yang terdiri dari anggota KPC, Kodim 0606 Kota Bogor dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor melakukan penilaian di titik-titik pemulungan yang tersebar di 11 Kelurahan. Dari hasil penilaian tersebut keluarlah tiga pemenang lomba yaitu; Kelurahan Bantarjati sebagai juara pertama, disusul Kelurahan Sempur sebagai juara kedua dan juara ketiga diraih oleh Kelurahan Kedung Badak. Penilain ini cukup adil karena dalam proses penilaian di lokasi pemulungan di saksikan oleh perwakilan dari pihak kelurahan atau RT/RW setempat.

Kelurahan Bantar Jati mendapatkan nilai tertinggi yaitu 3.603 poin dari ketiga indikator penilaian yang sudah ditentukan panitia. Kelurahan Bantar Jati berhasil mengumpulkan 496 karung dan melibatkan warga sebanyak 321 orang. Selain berhasil mempertahankan trophy bergilir Wali Kota Bogor, Kelurahan Bantar Jati juga akan mendapatkan uang tunai sebesar 5 juta rupiah.

Juara kedua dalam lomba ini berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp. 3 juta rupiah dan juara ketiga mendapatkan Rp. 2 juta rupiah.

Een Irawan Putra sebagai Koordinator Panitia Lomba Mulung Ciliwung ke-3 mengatakan, “Warga Kota Bogor sudah tiga tahun ini menunjukkan kepeduliannya terhadap Sungai Ciliwung. Kita berharap inisiatif ini bisa diikuti oleh warga lainnya sehingga tidak ada lagi saling tuding dan menyalahkan ketika berbicara tentang kerusakan Sungai Ciliwung”.

“Trophy dan uang hanya sekedar pemicu. Yang terpenting adalah kesadaran dari warga untuk mau menjaga dan membersihkan lingkungan tempat mereka tinggal khususnya sampah di bantaran Sungai Ciliwung”, ungkap Komandan Kodim 0606 Kota Bogor, Letkol Kav. Sinyo, SIP.

KONTAK

Een Irawan Putra, Koordinator Lomba Mulung Ciliwung

Mobile phone: 08159753580, email: irawanputra@gmail.com

Kapten Lalu Saefullah, S.Si, Pasiter Kodim 0606 Kota Bogor

Mobile phone: 081388535315, email: lalu_saeful@yahoo.co.id

Sheila Kartika, Kontak media dan keperluan dokumentasi

Mobile phone: 08568871996, email: sheila@telapak.org

CATATAN UNTUK EDITOR:

• Sungai Ciliwung mengalir sepanjang 119 km dari wilayah hulunya di Cagar Alam Telaga Warna (Puncak) hingga bermuara di Teluk Jakarta. Aliran sungai ini melintasi wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Depok, dan Provinsi DKI Jakarta.

• Penilaian dalam kompetisi ini berdasarkan atas tiga kriteria, yaitu: (1) jumlah karung sampah berukuran 25 kg yang terkumpul, (2) keterwakilan warga di setiap kelurahan (RW/RT), dan (3) dukungan dari warga masyarakat di setiap kelurahan (moril dan materiil) serta kreatifitas warga.

• Lomba mulung ciliwung digagas oleh Komunitas Peduli Ciliwung-Bogor (KPC) yang mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Bogor. Lomba mulung ciliwung pertama kali diadakan pada tahun 2009 yang melibatkan kelurahan dan warga yang berada di bantaran sugai ciliwung yang ada di Kota Bogor.

• Kodim 0606 Kota Bogor selama ini giat melakukan kegiatan bersih kali dan lingkungan Kota Bogor. Kodim 0606 Kota Bogor juga mendukung penuh kegiatan lomba mulung yang diselenggarakan pada tahun ini.

• Komunitas Peduli Ciliwung-Bogor (KPC) adalah sebuah komunitas warga yang peduli terhadap kebersihan dan kelestarian Sungai Ciliwung. Komunitas ini berbasis di Bogor. Informasi lebih detail tentang lomba mulung dan komunitas ini dapat diperoleh di situs web www.tjiliwoeng.blogspot.com
Previous
Next Post »