Situgede: Mulung Bibit Sambil Mancing

Para laskar karung KPC Bogor memang gak ada matinya ...
Kegiatan rutin setiap minggu bisa diisi dengan berbagai macam cara.  Yang penting asik dan tidak membosankan.  Dan tentunya harus selalu ingat, bahwa ini semua ujung2nya yaa untuk menggapai mimpi tjiliwoeng.

Kegiatan pagi hari Sabtu 10 Desember 2011, sesuai jadwalnya adalah "mulung bibit pohon" dengan lokasi yg gak jauh2 dari lokasi pembibitan KPC Bogor.  Karena lokasi pembibitan di halaman milik LATIN (Lembaga Alam Tropika Indonesia), maka mulungnya pun dilakukan di Hutan Penelitian Darmaga, tepatnya di Desa Situgede.

Lokasi pemulungan bibit ini memang cukup berbeda dengan lokasi sebelumnya (di Kampus IPB Darmaga).  Hutan Penelitian Darmaga yaa memang seperti hutan tempatnya.  Banyak pohon2 berbagai jenis, banyak nyamuk, udaranya sejuk, dsb dsb sebagaimana layaknya hutan. Para laskar karung pun tak perlu sulit2 mencari anakan pohon.  Tinggal masuk sedikit di bawah rimbunan pohon, langsung bisa dapat bibitnya.



Target utama pemulungan itu adalah jenis Nyamplung (Calophyllum spp.).  Seorang sesepuh dari LATIN memberi tahu agar para laskar karung tak perlu mencarinya jauh-jauh.  "Itu lho di sebelah rumpun bambu kuning itu.  Banyak sekali anakan Nyamplung di situ", katanya pada para laskar karung.  Ternyata memang benar.  Tak salah memang beliau disebut sesepuh.  Begitu para laskar karung mencapai tempat itu, langsung saja puluhan hingga (mungkin) ratusan anakan Nyamplung dari jenis Salatri (Calophyllum soulattri) sudah terlihat jelas.  Dalam waktu singkat, kantong plastik berukuran jumbo sudah terisi penuh oleh anakan pohon itu.

Sejurus kemudian para laskar karung sudah jongkok berkumpul mengisikan polybag dengan tanah subur.  Sebagian dari mereka memotong2 anakan Nyamplung yg disiapkan utk ditanam.  Satu jam kemudian selesai sudah semuanya.  Semua anakan sudah ditanam di polybag.  Tak terasa kini pembibitan KPC Bogor sudah bertambah 79 bibit Nyamplung.



Selepas kegiatan rutin ini, beberapa laskar karung tak ingin menyia-nyiakan waktu mereka.  Sore masih jauh.  Sementara Danau Situ Gede tak jauh dari lokasi ini.  Hmmm ... ke mana lagi tentunya kalo bukan ke sana tujuan mereka.  Mereka ke sana bukan berenang, tapi memancing ikan.  Target yang dipancing adalah ikan jenis Paray (Rasbora argyrotaenia) dan Betok (Anabas testudineus).

Hari yang penuh dan mengasyikan memang ... itu lah hari2 bersama KPC Bogor di Situgede.
Previous
Next Post »

1 Komentar:

Click here for Komentar
10 Desember 2013 12.30 ×

Info yang sangat menarik....
By: Resort Kahuripan | Resort Murah di Puncak sangat tepat untuk kegiatan mancing.

Congrats bro KAHURIPAN BOGOR you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar