Ngabuburit di Ciliwung - Laskar Karung Menyambut Ramadhan

Salam C untuk Ciliwung bersih, semangat relawan Ciliwung

Bulan Ramadhan telah tiba. Bulan berkah telah di depan mata. Laskar Karung pun menyambut dengan suka cita. Jika biasanya kita mulung Sabtu pagi, di Ramadhan ini kita mulung sore harinya, sambil ngabuburit menggunakan waktu menjelang berbuka puasa.

Puasa perdana tahun ini jatuh pada hari Sabtu, tanggal 27 Mei 2017. Sabtu adalah waktunya aksi. Puasa tentunya tak menjadi halangan untuk konsistensi kita bersama menggalang kepedulian terhadap Sungai Ciliwung. Ngabuburit mulung Ciliwung perdana tahun ini dilakukan berlokasi di bawah jembatan Jalak Harupat, persis di sebelah lapangan Kaulinan-Sempur, Kota Bogor. Relawan berkumpul jam 4 sore dengan koordinator relawan hari itu Kang Suparno Jumar. Sejumlah 4 orang relawan bergabung mulung Ciliwung sore ini. Kebetulan cuaca cukup bersahabat, tidak hujan dan kondisi air sungai pun surut sehingga memudahkan sampah-sampah yang menyangkut di bebatuan sungai mudah diambil. Lumayan juga, Laskar Karung berhasil mengumpulkan 8 karung sampah di ngabuburit edisi perdana ini.

"NGABUBURIT ala Komunitas Peduli Ciliwung, Bogor. Kebenaran, hari Sabtu ini hari pertama puasa. Jadwal rutin melaskar digeser. Biasanya pagi dirubah menjadi sore. Lokasi di bawah jembatan Jalak Harupat. Lumayan juga, dari empat orang relawan- Entis, Parno, Adul dan Uccu- berhasil dikumpulkan sampah an-organik 8 karung." kata Suparno dalam status Facebooknya yang diupload setelah aksi. Memang aksi ngabuburit di Ciliwung ini bukanlah yang pertama kali, di tahun-tahun sebelumnya, setiap Ramadhan-pun Laskar Karung tetap beraksi dengan seminggu sekali, biasanya tiap Sabtu. 

Bulan puasa yang penuh berkah semoga juga menjadi berkah bagi Sungai Ciliwung juga. Setelah satu minggu yang lalu Sungai Ciliwung se-Kota Bogor dibersihkan serentak oleh warga di LMSC9, semoga kesadaran akan kebersihan sungai menjadi meningkat. Momentum Ramadhan ini, semoga menjadikan warga Bogor dan semuanya saja semakin peduli sungai. Ibadah banyak wujudnya, termasuk juga menjaga alam lingkungan, menjaga sungai salah satunya. Gimana caranya? Salah satunya dengan ikut menjadi bagian KPC Bogor. Kita ajak semua orang untuk peduli sungai lewat aksi nyata.

Kita tunggu kehadiran kamu minggu depan relawan. [Net]

Sutisna Rey dan Suparno mulung sampah Ciliwung

Flyer Mingguan

Previous
Next Post »