Senin, Oktober 16, 2017

Laskar Karung di Festival Air 2017

Share & Comment


Pada hari Minggu, 15 Oktober 2017 KPC Bogor ikut serta sebagai narasumber dari acara TalkShow ‘Clean Water For Our Country’ yang merupakan satu dari rangkaian acara Festival Air 2017 yang diselenggarakan oleh Himasper, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB.

Sebagai perwakilan KPC Bogor adalah kawan kita Viedela AK yang lebih akrab dipanggil Ve yang juga alumni IPB. Narasumber lain adalah Bapak Setya Pambudi Nugroho dari Pusat Peneliitian Lingkungan Hidup (PPLH) IPB serta moderator talkshow adalah Firdausa Febi yang juga mahasiswa di IPB.

Di acara talkshow ini, dibahas tentang permasalahan lingkungan akuatik terutama sungai yang sampai saat banyak yang sudah tercemar dan bagaimana sebenarnya fungsi kontrol dari berbagai pihak terkait isu ini. Di awal pembukaan moderator bahkan menyebutkan kutipan pernyataan dari KLHK bahwa 75% sungai di Indonesia sudah tercemar berat. Pertanyaan pertama moderator adalah ‘Apakah Sungai Ciliwung kotor?’. Jawabannya pasti iya. Bahkan, Ciliwung bisa dibilang satu dari sungai paling kotor di dunia, selain tentunya Citarum yang pernah dinobatkan sebagai sungai terkotor di dunia beberapa waktu silam. Ve menceritakan tentang apa-apa saja yang pernah kita temui selama berkegiatan di Ciliwung. Sedangkan Pak Setya lebih banyak membahas tentang AMDAL, dan juga bagaimana sistem kontrol yang dilakukan untuk suatu usaha (industri besar) agar aman dan tidak memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Diskusi berlangsung seru dan menarik. Para peserta pun antusias memberikan pertanyaan kepada narasumber. Yang menarik dari KPC Bogor adalah cara relawan dalam komunitas ini melakukan kampanye peduli sungai. Kita secara konsisten langsung terjun ke sungai, membersihkan sungai. Kita berharap banyak pihak yang ikut peduli dan mau turun. Ve tak lupa mengajak para peserta yang sebagian besar mahasiswa IPB untuk ikut bergabung dengan Laskar Karung serta mengikuti perkembangan kegiatan dan informasi seputar sungai melalui sosial media dan blog Tjiliwoeng Dreams.

Melalui kegiatan-kegiatan pertemuan semacam ini, kita berharap suara-suara kita untuk sungai semakin banyak didengarkan dan memberikan kesadaran bersama untuk kembali meningkatkan derajat sungai sebagai sumber kehidupan, yang sampai saat ini masih memprihatinkan karena masih menjadi tempat sampah dan limbah bagi sebagian orang.

Sukses selalu Festival Air, semoga tahun depan kita bisa bergabung kembali.





Tags:

Komunitas Peduli Ciliwung Bogor berdiri sejak Maret 2009. Komunitas yang menginginkan adanya rasa kepedulian terhadap keberlangsungan sungai Ciliwung di Kota Bogor. 

0 Komentar:

 

Artikel Populer

Tjiliwoeng on Facebook

Copyright © KOMUNITAS PEDULI CILIWUNG BOGOR | Designed by Templateism.com | Published by GooyaabiTemplates.com