Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Wujudkan komitmen untuk membuat Sungai Ciliwung di Kota Bogor BEBAS SAMPAH

Warga Bogor tidak Buang Sampah lagi ke Sungai CIliwung
Satukan Gerak Langkah Warga - Ciliwung

Lokasi Kegiatan dan Acara:

Lapangan Lebak Kantin

SEMPUR - BOGOR

Minggu 14 Maret 2010
Semangat Pantang KenduRRR
oleh Anak Peri pada 28 Oktober 2009

Biar saja keadaan Ciliwung sekarang ini menjadi musuh bersama, karena mungkin hanya itulah cara untuk menjaga semangat tetap hot dan tindakan tetap seirama untuk memerdekakan diri bersama-sama. Ciliwung bersih akan menjadi budaya. Budaya yang memerdekakan orang beserta keturunannya dari bencana dan nasib buruk lainnya. Mari Merdeka ....

Logo komunitas Peduli Ciliwung
KompetiSi CiliwunG BersiH
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juli - 25 - 2009

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-64, sejumlah warga Bogor yang tergabung dalam Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) akan menyelenggarakan kegiatan pembersihan sampah Ciliwung di Kota Bogor. Kegiatan ini berjudul Kompetisi Pemulungan Sampah Ciliwung Antar Kelurahan dengan tema “Ciliwung Bersih, Warga Merdeka”. ...

Ciliwung Bersih Warga Merdeka
Tjiliwoeng ber-Gojang
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Juni - 2 - 2009

“Ayoo Mang … jangan malu2. Kang Dadaaang … paling cakep, hayu goyang bareng saya. Jangan lupa mari kita goyang untuk Ciliwung tercinta …”

Orkes Melayu Gerobak Dorong
Impian Anda dan Kami
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 31 - 2009

'Sungai yang indah, berair bening dan sejuk bukanlah hal tidak bisa didapatkan'. Apalagi jika dihias pepohonan rindang dan pokok bambu di tepiannya. Bukankah ini mimpi yang kita dambakan ? ...

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
Selamat Hari Air Sedunia
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 22 - 2009

Sungguh indah bisa meluangkan waktu, walau hanya beberapa saat, mengotori diri kita dari pagi hingga siang. Hanya ini lah yang dapat kami lakukan, melihat yang terjadi dan mencoba turut menganyunkan lengan, membuka jemari kita, dan meraih apa yang telah kita buang tuk tempatkan kembali ke tempatnya dengan baik.

Mari turut dalam Aksi Ciliwung Bersih
AKSI Pertama - Bersih Ciliwung
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Maret - 15 - 2009

Pada hari minggu 15 Maret 2009, kita telah turun membersihkan Sungai Ciliwung di beberapa titik. Acara dimulai dari jam 06:30 s/d 13:00 WIB, di sekitar lapangan sempur. Aksi bersih dan mulung sampah Ciliwung ini di dihadiri oleh lebih kurang 80 orang, yang terdiri atas bebrapa kelompok, tersebutlah Komunitas Kampoeng Bogor, Telapak, Gekko, Lawalata, Forest Watch Indonesia dan teman-teman dari TN Gunung Gede Pangrango dan kawan dari Kebun Raya Bogor. Sukes untuk kita semua, ....

Ciliwung Rusak - Hirup Balangsak
TJILIWOENG DREAMS
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Feb - 22 - 2009

wadah bagi upaya Mewujudkan Mimpi-Mimpi Warga tentang Sungai Ciliwung. Mimpi akan sungai yang indah, berair bening dan sejuk. Dihias rindang pepohonan dan pokok bambu di tepiannya. Ditingkah aktivitas warga yang memancing ikan, mandi dan mencuci. Tanpa tumpukan sampah kotor dan limpahan air coklat penyebab banjir di hilirnya

About Tjiliwoeng Dreams
Dari Katulampa hingga Pasar Bogor
Posted by Tjiliwoeng Dreams On March - 3 - 2009

Beberapa waktu lalu saya iseng2 mencoba menyusuri Ciliwung dari Katulampa sampai Pasar Bogor. Sebelumnya saya pernah bermimpi tentang Tjiliwoeng Tempo Doeloe yang asri, indah, airnya bening, banyak anak kecil yang mandi dan bermain di sungai, serta ibu2 yang asik mencuci pakaian di tepiannya. Penyusuran yang saya lakukan kali ini bukanlah mimpi, namun kenyataan sesungguhnya yang saya temukan. Tujuan saya kala itu hanya satu, ingin tahu darimana asal tumpukan sampah di Ciliwung (Kota Bogor) dan apa penyebab sulitnya memancing ikan di sana.

Debit air dari Bendungan Katulampa
Susur Ciliwung ... Asik
Posted by Tjiliwoeng Dreams On Jan - 28 - 2009

Untuk kesekian kalinya saya bersama segerombolan kecil teman2 (tanpa nama) kembali turun kali Ciliwung. Masih dengan semangat membara menuju Ciliwung baik dan bersih, walau harus dilakukan sendiri. Kami memotret lokasi2 penumpukan sampahdi sepanjang Ciliwung dan sekaligus mencoba memetakannya secara sederhana. Tidak muluk2, hanya di seputar kota Bogor. Dari bendungan Katulampa, hingga ke perbatasan dengan Cilebut.

Ngapain tuh mbuntutin orang ...

Nanam Pohon, Kepergok Warga

Pengirim Tjiliwoeng Dreams On Rabu, Januari 04, 2012
Kegiatan KPC Bogor hari Sabtu kemarin bisa juga dianggap sebagai kegiatan tutup tahun 'ala KPC Bogor.  Apa kegiatannya? Seperti yg sudah juga diumumkan dalam SMS bomb, adalah menanam bibit pohon Beringin (Ficus sp.) dan Nyamplung (Callophyllum inophyllum).

Tidak seperti saat melakukan penanaman di bantaran sungai biasanya, kali ini para laskar karung KPC memperbanyak jumlah bibit yg akan ditanam.  Ribuan bibit? ... ahh tidak juga.  Emang siapa yg bisa kasih bibit beringin dan nyamplung sampai ribuan jumlahnya begitu.  Lagipula bibit pohon yg umum dijual atau disediakan oleh Pemerintah itu biasanya adalah jenis pohon produktif spt Sengon, Jabon, Trembesi, Mahoni, Akasia, Matoa dan Mangga.  Semuanya adalah jenis2 yg umumnya dibutuhkan oleh industri perkayuan, atau jenis2 pohon yg buahnya bisa dikonsumsi.

Lalu bagaimana dengan dua jenis pohon yg akarnya dianggap sering mengganggu bangunan, bertajuk rindang dan biasanya dihuni oleh makhluk tidak kasat mata?  Kalo mau dapatin bibitnya .... yaa tidak ada cara lain selain membuat pembibitan sendiri.  Apakah jumlahnya bisa sampai ribuan? Tentu sulit, kecuali KPC Bogor bikin perusahaan pembibitan beringin dan nyamplung sendiri.  Sementara KPC Bogor itu kan hanya sekelompok laskar karung yg secara sukarela melakukan aktivitas untuk Ciliwung.  Itu pun hanya dilakukan pada setiap hari Sabtu.  Maka jumlah bibit pohon siap tanam yg bisa dihasilkan tentu saja tidak banyak.  Contohnya, dalam penanaman di tanggal 31 Desember 2011 kemarin, KPC Bogor hanya mampu menanam sejumlah 42 bibit pohon saja.  Lumayan laaaahhhh ....


Naah saat sejumlah laskar karung siap menanam bibit pohon tersebut di bantaran Ciliwung, tiba-tiba datang para warga Kelurahan Bantarjati.  Hampir mereka yang datang itu dikira sebagai tenaga bantuan yg ingin ikutan menanam pohon.  Ehh ... salah!!  Ternyata yg datang adalah Pak RW dengan beberapa orang warga saja.  Rupanya mereka kaget dan (mungkin) curiga pada segerombolan laskar karung KPC Bogor ini.

"Gini Mas, saya dikabarin sama warga yang kaget ada sekelompok orang mau menanam pohon.  Mau ditanam di mana itu?  Soalnya lahan2 di pinggiran kali ini adalah tanah warga.  Kenapa atuh pihak RT dan RW tidak diberi pemberitahuan?" begitu kira2 ungkapan dari Pak RT kepada para laskar karung.

Waduuhhh!!!! Ternyata orang kalo mau menanam pohon itu harus ijin yaa?  Padahal kan kami menanamnya di bantaran sungai.  Bantaran sungai kan tanah negara yang tidak boleh dijadikan hak milik perorangan.  Ada aturan hukumnya lho itu. 

Akhirnya para laskar karung pun menjelaskan soal kepemilikan umum (common property) tentang sungai dan bantarannya.  Dijelaskan juga soal rutinitas kegiatan KPC Bogor yang sudah terjadi selama 3 tahun ini.


"Gini aja deh Pak, punten pisan kalo kami sampai merepotkan.  Tapi ini adalah kegiatan rutin KPC, selain mulung sampah, mulung bibit pohon, dan susur sungai.  Masa kami harus kasih tahu RT dan RW setiap minggu.  Kalo Lurah Bantarjati mah udah kami kabari Pak.  Lagipula kami menanamnya bukan di tanah orang/warga, tapi di bantaran sungai, pada sisi sungai yang hampir longsor itu.  Ini pohon kan bagus untuk menjaga supaya tidak longsor.  Kalo Bapak dan warga sini ingin bantu ... mangga atuh ikutan nanam dengan kami"

Berita Terkait:




Tags : , , , , , , ,
| edit post Print this post Bookmark and Share

2 Response to "Nanam Pohon, Kepergok Warga"

  1. Anonim Said,

    mungkin mrasa malu itu-mah Mbah Tjiliwoeng. Sudah dijelasin n jelas2 diajakin nanem bareng tapi malah langsung pulang (gak bantuin)

    emang nanem pohon hari itu capek skali, soal-nya berhadapan lagi dengan yang namanya "cadas"..."hese" ngagalina

    yang jadi moment lainnya, een nanem pohon di sebrang sungai. harus nyebrang pake jembatan bambu kecil diatas tebing sungai yang dalem..."estriim" (pake istilah di blog si beunteur)...hehehe

    Ruby

     

  2. irma dana Said,

    Aku malah gak ngeh ada yang negur, kalau gak lihat bapak2 merokok ngobrol ama Joemadi... cuek aja nanem qkqkqkqkq... maaf, sabtu besok gak bisa ngikut dulu... ada acara keluarga, alesannya niy hehehehe

     

    Entri Populer

    Komoenitas Pedoeli Tjiliwoeng


    Saoeng Tepijan Soengaij Tjiliwoeng,
    Jalan Sempur Kaler No. 62,

    Kelurahan Sempur, Bogor

    Tel.0856 123 52 98

    +++ e-mail: tjiliwoeng@gmail.com

    +++
    kontak:

    • Sutisna Rey (0857-78431841),
    • M Muslich (0813-82134648),
    • Een Irawan Putra (0813-88014414),
    TopBottom